Apa Itu Protokol TCP/IP? | Apa Itu Ip Transmitter

Ip Transmitter Apa Itu Ip Transmitter Ip Transmiter Pengertian Ip Transmitter Apa Itu Ip Transmiter

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang terhubung antara satu dengan yang lainnya dan memungkinkan untuk dapat saling berbagi resource (sumber daya). Ketika akan membuat sebuah jaringan komputer, Anda membutuhkan sebuah protokol jaringan sebagai penghubung komunikasi data dari satu client ke client lainnya ketika bertukar data, informasi, dan pesan oleh transmitter (pengirim) dan receiver (penerima). Selain itu, protokol juga dijadikan sebagai acuan standar komunikasi antara dua sistem dengan platform berbeda yang memungkinkan adanya komunikasi.

Berbicara mengenai protokol, maka tidak akan lepas dari salah satu protokol yang paling terkenal dalam dunia IT, yaitu TCP/IP. Nah, apa sebenarnya protokol TCP/IP itu? Dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita kenali lebih lanjut.

Kegunaan Protokol TCP/IP

Seperti telah disinggung diatas, bahwa protokol ini berfungsi sebagai penghubung antara sisi transmitter (pengirim) dan receiver (penerima) untuk dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Proses komunikasi dapat berupa pertukaran data dan informasi dengan tingkat kehandalan yang cukup tinggi. Namun, fungsi protokol TCP/IP sendiri pada dasarnya dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain :

  • Reassembly dan Fragmentasi. Proses komunikasi data yang berlangsung antara pengirim dan penerima tidak dapat dilakukan dengan jumlah yang banyak. Proses pengiriman dilakukan dengan cara membagi-bagi data dan informasi ¬†ke dalam beberapa paket data, hingga menjadi sebuah paket data dan informasi yang utuh kembali.
  • Encapsulasi. Proses pengiriman dari pengirim ke penerima berlangsung secara simultan, sehingga dibutuhkan identitas khusus berupa alamat, kode koreksi dll hingga akhirnya paket-paket data dapat terkirim pada tujuan yang tepat.
  • Transmission service. Berfungsi untuk dapat memberikan layanan komunikasi dan menentukan prioritas pengiriman data, dan keamanannya.
  • Control Connection. Berfungsi membangun komunikasi antara pengirim dan penerima sehingga memungkinkan untuk dapat memulai dan mengakhiri proses komunikasi pada saat yang tepat.
  • Control Flow. Mengatur alur komunikasi data
  • Control Error. Memeriksa, dan mendeteksi setiap kesalahan yang timbul saat proses komunikasi berlangsung

Layer Protokol TCP/IP

Berbicara mengenai protokol dan jaringan, tidak akan terlepas dari topik mengenai TCP/ IP. TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang merupakan komunikasi data yang dipakai oleh seluruh pengguna internet saat melakukan komunikasi data. TCP/ IP juga biasa diartikan protokol yang dirancang secara standar untuk dapat digunakan pada berbagai jenis jaringan. Oh iya, sebagai informasi protokol TCP/IP termasuk kedalam bagian protokol terbuka, karena setiap spesifikasi yang dimiliki  protokol dapat digunakan dan disebarkan siapa saja. Itulah mengapa protokol TCP/IP inilah yang paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Perlu Anda ingat bahwa protokol ini sebenarnya terbagi ke dalam beberapa lapisan (layer), antara lain :

  • Lapis Pertama : Physical Layer
  • Lapis Kedua : Network Interface Layer
  • Lapis Ketiga : Internet Layer
  • Lapis Keempat : Transport Layer
  • Lapis Kelima : Application Layer

Hal ini sedikit berbeda dengan spesifikasi OSI Layer yang terdiri dari 7 layer berbeda :
OSI vs TCP/IP

Apakah Protokol TCP/IP Terpasang Di Komputer Anda?

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara melihat protokol ini apakah sudah terpasang di komputer Anda atau belum, dapat ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Aktifkan komputer yang biasa Anda gunakan
  2. Pilih tombol Start Menu, setelah itu klik Control Panel
  3. Pada Control Panel terdapat Network Connection
  4. Klik kanan Network Connection, pilih Properties
  5. Setelah itu akan muncul kotak Local Area Connection Properties
  6. Pilih tab General, dan lihatlah pada bagian This connection uses the following items yang memuat Internet Protocol (TCP/IP)Protokol TCP/IP Installed
  7. Jika tanda ceklis sudah terpasang maka TCP/IP di komputer Anda sudah terinstal

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.

Ip Transmitter Adalah Cara Membuat Ip Transmitter Tentang Ip Transmitter Ip Transmitter Fungsi Cara Ip Transmitter