Mengenal Kabel Konektor RCA | Fungsi Kabel Rca

Kabel Rca Fungsi Kabel Rca Cara Menyambung Kabel Rca Apa Itu Rca Rca Kabel

Pernahkah Anda melihat lilitan tiga kabel berwarna merah, putih dan kuning yang tertempel pada pesawat TV CD/ DVD player, console game Play Station, X-Box, home theater, PC/ Komputer dan perangkat audio lainnya? Itulah yang disebut dengan Kabel Konektor RCA (Radio Corporation of America) atau biasa disebut dengan kabel audio interconnect, yang merupakan salah satu jenis kabel yang memiliki fungsi dan peranan sangat penting. Secara umum, kabel  ini dibuat dengan standar khusus yang dapat menghubungkan peralatan audio visual yang berupa konekor analog berwarna merah, kuning dan putih. Untuk konektor berwarna kuning digunakan sebagai media pembawa sinyal video atau biasa disebut kabel video, sedangkan yang berwarna merah untuk mendukung audio chanel sebelah kanan,  dan yang berwarna putih atau hitam untuk penghubung audio channel sebelah kiri.

Anda jangan terlalu terpatok pada susunan ketiga konekter tersebut, karena pada kenyataanya, Anda dapat menambahkan kabel tambahan yang dirasa dapat mendukung fungsi nya, seperti jika Anda ingin menambah audio dan komponen video tambahan. Dengan menggunakan kabel konektor RCA ini, perangkat audio dan video dapat memberikan kualitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan penggunaan kabel komposit. Hal ini terjadi karena kabel komposit hanya membagi sinyal video menjadi beberapa sinyal yang berbeda, tidak terfokus pada konektor tunggal. Ingat pilihlah kabel RCA yang memiliki bahan pelindung (shielding) yang kuat. Bahan pelindung yang kuat dan kondisinya baik akan mencegar terjadinya interferensi frekuensi radio dari luar yang dapat mengakibatkan terganggunanya kualitas audio. Pilihkan  yang terbuat dari bahan perak atau tembaga, karena keduanya merupakan konduktor yang sangat baik.

Cara Penggunaan

Kabel Konektor RCASeperti telah disinggung diatas, kabel ini digunakan untuk menghubungkan perangkat audio-video berbasis multimedia. Anda dapat menghubungkan kabel  ini ke PC/ komputer  via video capture card. Dimana dengan menggunakan ini, Anda dapat dengan mudah mentransfer video dari perangkat analog (misalnya kamera) ke dalam perangkat penyimpanan seperti hardisk pada komputer Anda. Oh iya, kabel konektor RCA juga kini sangat lazim digunakan pada mobil. Kabel ini digunakan sebagai jalur utama analog dari head unit ke power amplifier, ataupun ke sumber lainnya menuju ke input yang terdapat pada head unit.

Jika Anda ingin mencoba untuk menghubungkannya ada beberapa hal yang dibutuhkan seperti penggunaan kabel dan konektor RCA dengan ukuran jack standar 3,5 mm (khusus untuk koneksi audio dan video pada komputer atauTV tuner). Jika Anda ingin ingin mendengarkan audio dari komputer ke sistem audio, maka Anda tinggal menghubungkan kabel RCA konektor merah dan putih pada port speaker Anda. Jika Anda ingin membuka video, maka hubungkan konektor berwarna kuning.

Pengaturan yang sama juga berlaku jika Anda menggunakan TV Tuner, hanya perhatikan baik-baik kompatibilitasnya. Untuk penggunaan TV Tuner, Anda akan mendapati dua jenis yang berbeda, yaitu TV Tuner internal yang langsung terhubung ke slot motherboard dan TV Tuner Eksternal yang  dapat terhubung ke USB. Hubungkan kabel konektor RCA ke TV Tuner di komputer Anda, dan pastikan untuk menghubungkan kabel dengan warna soket dan steker yang sesuai.

Kabel Konektor RCA – Tips Penggunaan

Secara umum, Kami sarankan untuk memasang kabel  ini dengan posisi menjauhi kabel lain, terutama kabel berarus listrik tinggi. Rentangan kabel RCA sangat menentukan kualitas audio/ video yang dihasilkan, semakin pendek maka kualitasnya semakin baik.

Kabel Merah Putih Kuning Fungsi Warna Kabel Rca Cara Memasang Kabel Ps2 Ke Tv Tabung Tee Rca Fungsi Kabel Merah Kuning Putih