Cara Enable/Disable System Restore | Apa Artuli Enable Dan Disable

Fungsi Enable Dan Disable Apa  Artuli Enable Dan Disable Apa Artinya Enable Dan Disable Apa Fungai Enable Dan Disable Bim Apa Itu Enable Dan Disable

Pernahkah anda mendengar istilah System Restore? Istilah ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pengembalian sistem. Fungsi dari fitur itu sendiri sebagaimana tersirat dari istilah yang dipergunakannya adalah sebuah cara untuk mengembalikan komputer pada keadaan tertentu di waktu sebelum saat ini. Keadaan ini biasanya dicatat pada sebuah restore point sehingga untuk mengembalikan komputer pada keadaan sebelumnya, anda perlu memilih restore point yang tersedia.

Hal ini tentu penting bagi anda ketika anda ingin mengembalikan keadaan komputer anda pada keadaan sebelum saat ini. Biasanya sangat bermanfaat ketika terjadi error atau disfungsi sistem setelah menginstall sebuah software misalnya. Atau ketika ada aktifitas merugikan baik yang sengaja anda lakukan ataupun yang tak disengaja anda lakukan.

Secara default atau pengaturan umumnya, System Restore ini biasanya sudah aktif alias sudah enable. Akan tetapi jika ternyata anda menemukan fungsi ini tidak aktif (misalnya saat anda mencoba mengaksesnya tapi ternyata dikatakan tidak aktif atau tidak tersedia), anda dapat mengaktifkan/meng-enable-kan fungsi ini.

System Restore

Cara Enable #1

Adapun cara untuk mengaktifkannya, anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Klik Start menu
  2. Cari My Computer lalu klik kanan pada My Computer tersebut
  3. Pilih Properties pada My Computer
  4. Pada bagian tab Performance, pilih File System
  5. Pada bagian tab Troubleshooting, cari check box “Disable System Restore”. Pastikan pada check box tersebut tidak terdapat tanda centang yang menandakan System Restore di-enable. Jikapada  check box terdapat tanda centang, klik pada check box tersebut untuk menghilangkannya. Jika sudah tidak terdapat tanda centang, hal itu berarti pada komputer anda sudah enabled dan dapat dipergunakan.
  6. Klik tombol OK untuk menerapkannya. Jika terdapat message box muncul, klik saja tombol OK atau tombol Yes untuk mengkonfirmasi perubahan.

Cara Disable # 1

Namun, ada kalanya anda dihadapkan pada suatu keadaan dimana anda tidak ingin komputer mencatat restore point agar tidak dapat dikembalikan pada keadaan sebelumnya dengan menonaktifkan System Restore (SR) maka anda dapat mengikuti langkah berikut untuk menonaktifkan/men-disable SR. Pada dasarnya langkah yang dilakukan hampir sama dengan meng-enable-kan, hanya terdapat sedikit perbedaan saja di langkah terakhir. Mari kita simak langkah berikut.

  1. Klik Start menu
  2. Cari My Computer lalu klik kanan pada My Computer tersebut
  3. Pilih Properties pada My Computer
  4. Pada bagian tab Performance, pilih File System
  5. Pada bagian tab Troubleshooting, cari check box “Disable System Restore”. Pastikan pada check box tersebut anda centang yang menandakan SR akan di-disable sebagaimana tertulis pada bagian check box. Jikapada  check box belum terdapat tanda centang, klik pada check box tersebut untuk memberikan tanda centang dan menonaktifkan System Restore. Jika sudah terdapat tanda centang, hal itu berarti pada komputer anda sudah disable dan komputer tidak akan mencatat restore point yang dirasa perlu untuk kepentingan Restore. Dengan men-disable SR, hal ini berarti anda telah menghilangkan akses untuk mengembalikan komputer anda pada keadaan semula sebelum masa itu terjadi.
  6. Klik tombol OK untuk menerapkannya. Jika terdapat message box muncul, klik saja tombol OK atau tombol Yes untuk mengkonfirmasi perubahan.

Cara Enable #2

Jika anda tidak dapat menemukan langkah di atas, bisa jadi anda harus melakukan langkah lain. Hal ini dikarenakan pada beberapa komputer, tahapan yang harus dilakukan memang agak sedikit berbeda bahkan cenderung lebih sederhana. Berikut cara lain untuk meng-enable.

  1. Klik Start Menu
  2. Pada bagian My Computer, lakukan klik kanan
  3. Klik pada tab System Restore
  4. Hilangkan tanda centang pada bagian “Turn Off System Restore” dengan mengklik pada check box tersebut jika terdapat tanda centang sebelumnya atau biarkan jika tidak terdapat tanda centang pada bagian check box tersebut.
  5. Klik tombol OK atau Apply untuk menerapkan perubahan yang anda lakukan tersebut.

Cara Disable #2

Sementara cara lain men-disable System Restore dapat dilakukan melalui langkah berikut,

  1. Klik Start Menu
  2. Pada bagian My Computer, lakukan klik kanan
  3. Klik pada tab System Restore
  4. Berikan tanda centang pada bagian “Turn Off System Restore” dengan mengklik pada check box tersebut jika belum terdapat tanda centang sebelumnya atau biarkan jika sudah terdapat tanda centang pada bagian check box tersebut.
  5. Klik tombol OK atau Apply untuk menerapkan perubahan yang anda lakukan tersebut.

Cara Enable Disable System Restore – Penutup

Demikian langkah untuk enable atau disable SR pada komputer anda. Selamat mencoba.

Apa Yang Di Maksud Dengan Enable Bahasa Indonesia Disabel Ensabel Ketika Komputer Dalam Keadaan Enabled