Setting Up New Relic Server Monitoring

Sudah rahasia umum bahwa kalau ingin menghemat biaya VPS / Dedicated Server kita harus “go unmanaged”. Lumayan menghemat biaya admin di satu sisi, itu enaknya. Tidak enaknya, untuk beberapa provider server yang layanannya unmanaged tidak memberikan usage stats” yang diperlukan untuk melihat apa saja resource yang tinggi penggunaannya di server kita.

Artinya, kita tidak akan bisa melihat statistik resource usage seperti ini, yang biasanya terdapat di managed server provider:

Screenshot_5

Liquidweb Server Monitoring

Tidak bisa melihat dengan detail apa yang diperlukan artinya kita tidak bisa tahu sumber masalah di server (jika ada masalah), juga tidak bisa planning upgrade path ke depan. Ini tentunya bukan hal yang diharapkan. Untungnya ada alternatif untuk monitoring semacam ini dengan memakai apps sejenis yang free dan cukup membantu, namanya New Relic Server Monitoring

New Relic Server Monitoring

So in short, New Relic adalah tools untuk melihat status server dalam mode grafis. Ada banyak hal yang bisa di-track oleh New Relic, mulai dari Mobile Apps, Browser Simulation, hingga Synthetic User Monitoring untuk mengecek performa server dari client side. Dan untuk yang kita perlukan sebagai ganti grafik di atas yang biasanya hanya ada pada managed server, yang perlu kita lakukan adalah instalasi Server Monitoring.

Cara installnya mudah, yang pertama register dan login ke newrelic. This will cost you nothing, 100% free.

Di dalam dashboard, pindah ke menu “Server” lalu pilih “Add Server” untuk menambah server Anda ke dalam list monitorong.

Screenshot_6

Selanjutnya, pilih platform server yang Anda pakai. Yang cukup populer untuk web server dipakai biasanya CentOS dan Ubuntu, pada contoh kali ini kita pakai contoh Ubuntu.

Screenshot_7

Selanjutnya, jalankan beberapa command yang diberikan untuk memasukkan new relic ke apt repository. Command-command yang dijalankan akan membuat server Anda mendownload berbagai file yang dibutuhkan dari server new relic.

Screenshot_8

Selanjutnya, install Server Monitor package, commandnya disediakan di halaman yang sama

Screenshot_9

Done? Selangkah lagi. Setup license key new relic di server Anda, commandnya sekali lagi  tersedia untuk dijalankan

Screenshot_10

That’s it. Sekarang New Relic sudah terinstall di server Anda dan akan otomatis terload saat Anda (terpaksa) melakukan reboot server. Dalam beberapa menit Anda bisa mulai melihat statistik resource usage dari server Anda di dalam analytics area new relic, contohnya seperti ini:

Screenshot_12

newrelic

Alternatif Lainnya

Gunakan ksar (download di sourceforge), untuk membaca data dari command “sar” dalam bentuk grafis