Tips Memilih Modem HSDPA

Anda menginginkan koneksi internet yang mudah, cepat, mudah, dapat dibawa kemanapun dan dapat terhubung kapanpun? Anda mungkin perlu memikirkan untuk memiliki sebuah modem yang dapat memenuhi keinginan anda tersebut. Salah satu yang dapat anda pertimbangkan adalah memiliki sebuah modem HSDPA yang dapat membantu anda terhubung ke internet dengan mudah, dapat dibawa kemanapun sehingga anda dapat terhubung ke internet kapanpun dan dimanapun anda inginkan. Berbeda jika anda menggunakan modem yang terhubung ke telepon rumah atau mengharuskan anda terhubung melalui kabel. Anda tidak dapat membawanya kemana-mana. Anda hanya dapat mengakses internet di satu titik itu saja dimana terdapat kabel, hotspot ataupun telepon rumah. Tapi dengan menggunakan modem, anda akan dapat melewati itu semua.

Tips Memilih Modem HSDPA – Point Penting

Jika anda memang sedang memikirkan untuk memiliki modem HSDPA ini, berikut adalah tips memilih modem HSDPA yang semoga dapat menjadi referensi yang baik dan membantu anda memilih modem yang sesuai keinginan, berfungsi dengan baik dan sesuai budget tentunya.

Tips Cara Contoh : Memilih Modem HSDPA

  1. Perhatikan masa garansi yang ditawarkan oleh modem yang akan anda beli. Mengapa ini penting? Meskipun kita tidak berharap modem kita cepat rusak, tapi garansi tetaplah penting untuk diperhatikan. Bagaimanapun, garansi menentukan after sales service yang bisa kita peroleh jika ternyata terjadi sesuatu yang tak diinginkan terhadap modem yang kita miliki. Di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis garansi yang ditawarkan. Ada yang hanya 1 bulan, ada yang menawarkan garansi selama 3 bulan dan ada pula yang menawarkan garansi selama 12 bulan alias satu tahun. Semakin sebentar masa garansinya, biasanya harga yang ditawarkan pun semakin murah. Tentu anda harus diliputi keberuntungan untuk mendapatkan modem dengan harga terjangkau tapi kualitas tinggi karena bisa saja terjadi sebaliknya, sudah mahal kualitas tak memadai. Anda dapat merasakan kerugian jika modem rusak sementara waktu garansi telah habis. Meskipun harus tetap diingat, garansi biasanya berlaku jika kerusakan bukan karena kelalaian pengguna. Jika karena kelalaian pengguna, sebagaimana alat elektronik bergaransi lainnya, garansi tidaklah terlalu berguna. Jadi pintarlah memilih dan berdoalah untuk mendapatkan modem yang murah tapi berkualitas baik.
  2. Lihat merk modem yang akan anda beli. Meski bagaimanapun, kita tak dapat memungkiri bahwa merk tertentu memang memiliki produk yang berkualitas tinggi. Saat ini di pasaran sendiri telah beredar banyak sekali merk dengan berbagai fitur dan varias harga yang ditawarkan. Beberapa diantara merk yang beredar dan cukup banyak digunakan (bahkan beberapa digandeng dengan paket internet yang ditawarkan provider yang ada di Indonesia) adalah Speed Up (digandeng Telkomsel Flash), Huawei (digandeng XL), Toshiba, Siera, Novatel, Option, GT-Max, Area, dan lain sebagainya. Diantara merk tersebut yang paling banyak dicari adalah 3G Huawei, 3G Option dan HSDPA Sierra. Sierra banyak dicari biasanya karena model modemnya yang stylish, menawan hati para pecinta keindahan. Sementara modem HSDPA Huawei sudah sering digandeng para provider besar dan sudah umum serta dikenal diantara pengguna modem dengan kelebihannya adalah slot kartu micro SD yang dapat mencapai angka 8 GB. Meskipun saat ini modem lain seperti Speed Up juga telah menyediakan slot kartu micro SD ini.
  3. Baca kecepatan yang dimiliki oleh modem. Pada dasarnya, semakin cepat kecepatan yang ditawarkan suatu modem, semakin tinggi harganya. Tapi hal ini sebanding dengan apa yang akan kita peroleh nantinya meskipun terkadang tidak selalu menjamin kecepatan koneksi internet yang kita dapat. Beberapa pengguna lebih menganjurkan modem HSUPA karena kemampuan upload yang dimilikinya lebih baik dari modem HSDPA. Akan tetapi jika anda berharap kemampuan yang optimal, sebaiknya pilihlah modem HSDPA 3G atau modem HSDPA 3.5G. Beberapa merk yang dapat menjadi pertimbangan anda adalah Huawei E220, Huawei K3520, Sierra 881U, Option GT-MAX, Huawei E156, Huawei E160, Huawei E272, Huawei E172, Huawei E270, Huawei E870, Sierra 875U, dan Sierra 875 PCMCIA.

Tips Memilih Modem HSDPA – Penutup

Sebagai bahan pertimbangan lain dalam memilih modem HSDPA, anda dapat mengunjungi situs resmi dari modem-modem yang akan anda pilih, cari review mengenai modem-modem tersebut, atau cari hasil rating terhadap modem yang akan anda beli. Semua ini dapat membantu anda memutuskan termasuk pertimbangan biaya alias budget yang anda siapkan.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*