Mengubah WiFi Router Menjadi Range Extender (Repeater)

Ternyata tidak perlu membeli range extender (repeater) khusus untuk bisa menyebarkan akses Wi-Fi ke seluruh rumah kita. Jika ada router tidak terpakai yang bisa memakai mode WDS Bridging, alat tersebut pun bisa berfungsi menjadi range extender (repeater), bahkan bisa lebih kuat dari range extender (repeater) biasa karena bisa diberik antenna yang besar.

Bagaimana cara settingnya? Berikut contohnya dengan menggunakan router TP Link TL-WR841HP sebagai repeater.

Pertama, masuk ke menu setting Wi-Fi Router TL-WR841HP yang akan dipergunakan menjadi extender, lalu enable WDS bridging:

Samakan SSID to be bridged (TL-WR841HP) dengan SSID dari jaringan yang akan kita repeat jaringannya. Untuk BSSID masukkan MAC Address dari router Wi-Fi utama. Jika bingung dengan setting BSSID to be bridged, klik saja survey dan pilih dari nama jaringan yang muncul, yg mana yang akan kita bridge-kan

Jangan lupa masukkan juga passwordnya, ini adalah password ke router utama.

Setelah itu, masuk ke bagian setting Wireless Security, samakan password menuju range extender (repeater) dengan password menuju router utama. Jadi, password di bawah sama dengan password pada gambar di atas:

Setelah itu, masuk ke bagian setting DHCP, lalu disable/matikan fitur DHCP karena akan diambil alih oleh router utama. Kita tidak memakai fitur DHCP dari range extender (repeater).

Setelah itu, restart router yg dijadikan range extender (repeater) dan selesailah sudah :)

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*