TafsirWeb: Tempat Belajar Tafsir Online

Alhamdulillaah, di tengah-tengah gersangnya dunia internet dari berbagai sumber ilmu Islam yang shahih, kini telah hadir sebuah website yang sangat penuh manfaat untuk menambah ilmu keislaman kita, yakni tafsirweb.com

Sebagaimana namanya, Tafsir Web adalah sebuah website yang memang mengkhususkan diri pada penerjemahan berbagai kitab tafsir ulama yg telah tersebar luas di seluruh dunia. Dan para admin TafsirWeb berkomitmen untuk hanya menggunakan tafsir yang diakui luas valid cara penafsirannya dan valid hasil penafsirannya.

Di antara tafsir yg dipakai oleh pihak TafsirWeb antara lain:

Tafsir al-Muyassar karya Syaikh Dr. Shalih Alu Syaikh, Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Saudi Arabia sejak tahun 1420 H sampai dengan tahun 1436 H.

Tafsir as-Sa’di¬†karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Naashir as-Sa’di, wafat 1376 H. Kitab ini sering dikaji di Masjid Nabawi – Madinah

Tafsir al-Aisar karya Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pakar tafsir Kota Madinah, pengajar di Masjid Nabawi, wafat 1439 H.

Tafsir Juz ‘Amma karya Syaikh Prof. Dr. Shalih Fauzan al-Fauzan, anggota Komite Fatwa Majelis Ulama Saudi Arabia

Referensi: https://tafsirweb.com/tentang

Dilihat dari sisi desain, website TafsirWeb amat sangat sederhana dan tidak banyak tampilan macam-macam. Artinya tidak banyak iklan, gambar dan sebagainya yang mengganggu fokus kita saat atau tujuan kita saat membuka website tersebut (yakni belajar tafsir Qur’an). Hal ini tentunya hal yang baik, karena membuat waktu kita tidak terbuang percuma untuk memilah dan memilih apa yang sebenarnya kita butuhkan dan kita cari.

Tidak hanya itu, TafsirWeb sangat cepat sekali dibuka, hanya 0.5-1 detik sudah dapat terbuka dengan lancar dari tempat kami. Ini membuat menjelajah TafsirWeb menjadi jauh lebih nyaman dan menyenangkan untuk kami.

Sedikit saran dari kami adalah, desainnya seperti terlalu sederhana. Mungkin memang sesuai filosofi adminnya, tapi kami rasa kalau desainnya bisa lebih cantik maka hasilnya akan lebih baik. Tapi ya tidak terlalu masalah, yang penting isinya mantap sih ya. Penasaran? Jelajahi sendiri di sini.