Autostart VLC Media Player di Windows

Ingin untuk menjalankan VLC Media Player secara otomatis di Windows, misalnya untuk keperluan menghafal Qur’an (auto playlist murattal) di laptop ruang keluarga? Mudah. Jalanlankan saja VLC Media Player dari Command Line menggunakan Task Scheduler, dengan format sebagai berikut:

Berikut beberapa parameter yg bisa dipakai:

Misalnya begini, untuk menjalankan playlist Juz 30 kombinasi dari Ahmad Saud dan Muhammad Thaha al-Junaid. Cocoknya tentu looping dan no random. Maka kodenya sebagai berikut:

Ini bisa Anda jalankan melalui Task Scheduler, misalkan bunyi setiap jam 05:30 pagi, hingga jam 07:30 WIB. Jadi saat keluarga persiapan pergi sekolah, mereka otomatis mendengar suara Juz 30. Supaya lebih mantap, matikan otomatis setelah menyala selama 2 jam agar suara berhenti setelah anak-anak berangkat sekolah:

Setting Task Scheduler Agar Mati Otomatis

Di atas pada contoh tertulis hours. Jika Anda klik pada drop down nanti pun akan muncul pilihan days. Jika Anda ingin perhitungannya dalam menit, Anda bisa tulis sendiri misalkan 30 minutes, 90 minutes, dan seterusnya.

Anda juga bisa membuat agar seluruh file di dalam satu folder tertentu muncul dan dimainkan di VLC Media Player, dengan membuat nama foldernya (tanpa akhiran backslash) sebagai parameter. Anda juga bisa membuatnya tampil random, misalkan sebagai berikut:

Mohon diingat bahwa dengan mode ini seluruh video di bawah folder target pun akan masuk ke dalam playlist. Jadi supaya terlihat rapih, maka pakailah opsi –playlist-tree

Referensi: https://wiki.videolan.org/Documentation:Command_line/