Cara Memeriksa Jenis LAN/WLAN Card | Bagaimanakah Cara Mengetahui Lan Card Sudah Siap Digunakan

Cara Cek Ethernet Card Bagaimanakah Cara Mengetahui Lan Card Sudah Siap Digunakan Cara Mengecek Lan Card Di Windows 7 Melihat Jenis Wlan Yg Digunakan Cara Cek Lan Di Laptop

Local Area Network atau yang biasa kita dengan dengan sebutan LAN/WLAN merupakan suatu jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah dengan jangkauan yang saling berdekatan satu sama lain. Pada umumnya LAN/WLAN digunakan sebagai jaringan komputer dalam kampus, kantor, rumah, dan warnet. LAN/WLAN sering digunakan untuk dihubungkan dengan jaringan yang lainnya, dan juga ke Internet atau yang disebut dengan WAN.

Karakteristik yang dimiliki oleh LAN/WLAN adalah sebagai berikut :

  1. Proses transfer data yang memiliki kecepatanyang lebih tinggi
  2. Luas wilayah jangkauan geografi yang lebih kecil
  3. Tidak membutuhkan layanan telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi, sehingga anda tidak memerlukan biaya bulanan dalam penggunaannya

Pada model referensi Layer OSI, Local Area Network (LAN/WLAN) berada pada Layer 1 (Physical Layer) dan Layer 2 (Data Link Layer) dan bersinergi dalam menjalankan tugas untuk terbentuknya komunikasi data dengan rancangan yang berasal dari jaringan yang ada.

Untuk membangun sebuah koneksi maka tentunya anda membutuhkan sebuah peralatan. Begitu juga jika anda membangun koneksi LAN/WLAN, anda juga membutuhan peralatan. Peralatan yang dibutuhkan tergantung pada jenis media yang akan digunakan, apakah akan menggunakan kabel atau nirkabel. Jika anda akan menggunakan kabel, maka anda membutuhkan ethernet card yang banyaknya disesuaikan dengan jumlah komputer yang akan terhubung dengan jaringan tersebut, Kable UTP (unshielded twisted pair), konektor RJ-45 yang digunakan pada kabel UTP untuk masing – masing komputer, dan switch. Namun jika anda ingin membangung koneksi LAN/WLAN yang menggunakan gelombang radio (nirkabel) atau yang biasa disebut dengan wireless, maka yang anda butuhkan adalah sebuah wireless access point (WAP) dan juga perangkat nirkabel (Network Card).

Cara Memeriksa Jenis LAN/WLAN Card – Mengetahui Jenis Card

Sering kali sebagian dari anda ada yang merasa bahwa komputer anda telah terhubung dengan jaringan LAN/WLAN secara benar, tetapi anda tidak bisa melakukan koneksi dalam jaringan tersebut. Jika anda mengalami hal demikian, anda tidak perlu merasa khawatir terlebih dahulu akan kerusakan pada perangkat keras (Hardware) komputer anda. Mungkin saja instalasi yang anda lakukan sebelumnya terhadap jaringan komputer anda belum benar sehingga anda tidak bisa melakukan koneksi dalam jaringan.

Jika anda ingin mengetahui apakah komponen LAN/WLAN Card (Kartu Jaringan) pada komputer anda telah dikenali oleh sistem komputer anda, hal itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut langkah sederhana yang perlu anda lakukan :

1. Buka Windows Explorer, dengan cara klik : Start > All Programs > Accesories > Windows Explorer.

2. Setelah Windows Explorer terbuka, klik kanan pada My Computer, lalu pilih opsi Properties (anda dapat melihat gambar untuk lebih jelasnya).

 LAN/WLAN Card - My Computer

3. Selanjutnya akan muncul window Computer Management, lalu klik tombol Device Manager.

LAN/WLAN Card - Device Manager

4. Lihatlah pada bagian Networks Adapters. Jika terdapat tulisan: Ethernet Adapter/Controller, berarti Card telah dikenali oleh sistem operasi komputer Anda. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

LAN/WLAN Card - Card List

Cara Memeriksa Jenis LAN/WLAN Card – Kesimpulan dan Penutup

Dari gambar tersebut, anda dapat melihat beberapa jenis LAN/WLAN Card yang terpasang pada komputer Anda. Jika sistem operasi komputer anda tidak dapat mengenali LAN/WLAN Card, maka pastikan terlebih dahulu bahwa instalasi Card telah dilakukan dengan baik, dan pastikan juga bahwa perangkat LAN/WLAN Card dalam keadaan yang optimal (dapat beroperasi dengan baik).

Cukup mudah tentunya bukan cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa LAN/WLAN Card pada komputer anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Tentunya anda tidak bisa menilai Hardware anda mengalami kerusakan terlebih dahulu sebelum memeriksa seperti apa yang saya jelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Melihat Lan Card Mengetahui Nama Network Card Laptop Cara Mendektsi Lan Di Laptop Cek Lan Card Pc Cara Melihat Driver Lan Card Yang Sudah Terpasang