Force Download File di Amazon S3

Salah satu cara yang asyik dan mudah untuk menyimpan file Anda adalah dengan menggunakan layanan Amazon S3 atau yang compatible, misalnya seperti Kilat Storage dari Cloudkilat. Akan tetapi sayangnya terkadang ada kebutuhan untuk membuat file yang dishare menjadi “force download” tidak bisa dilaksanakan karena defaultnya memang file akan diberikan header “Content-Type” tertentu oleh pihak penyedia layanan Amazon S3 atau yang compatible. Akan tetapi jangan khawatir karena insyaaAllah dengan software S3 Browser maka hal tersebut bisa diatasi.

Memaksa File Untuk Didownload Oleh Browser

Salah satu cara mudah untuk membuat file yang ingin kita jadikan otomatis didownload adalah dengan membuat header Content-Type saat browser mengakses file tersebut menjadi memiliki value “Octet-Stream”. Dengan bantuan software S3 Browser hal tersebut mudah dilakukan.

Caranya?

Cek dulu bahwa header content-type pada file yang ingin Anda rubah memang belum berubah menjadi “Octet-Stream”. Misalnya masih bertipe application/pdf seperti pada gambar berikut:

Lalu, highlight file-file yang ingin Anda buat bertipe force download pada tampilan layar S3 Browser

Lalu pada bagian kiri bawah S3 Browser pilih “Add HTTP Headers”

Setelah itu isikan “Content-Type” sebagai header yang ingin ditambahkan, dan isikan “Octet-Stream” sebagai valuenya.

Setelah itu klik “Add New HTTP Header” dan pada bagian kanan bawah S3 Browser klik “Apply Changes”

Jika berhasil maka di bagian kiri bawah akan muncul notifikasi bahwa perubahan telah sukses dilakukan, contohnya begini:

About Ahli Kompie 297 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*