Review 4,5 Tahun Hosting di CloudKilat

Sangat cepat. Seperti kilat. Kira-kira begitu komentar beberapa rekan kami terhadap website-website yang kami kelola. Kenapa bisa cepat begitu, Pak Haryo? Demikian pertanyaan yang sering muncul.

Sebuah pertanyaan yang tidak sederhana jawabannya, karena tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website. Bisa dari themes yang dipakai, jumlah elemen dalam halaman, dan sebagainya. Dan tentunya yang tidak kalah penting, kualitas dari jasa hosting yang dipakai.

Untuk poin terakhir, kalau target market Anda adalah visitor dari Indonesia, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan jasa hosting dari CloudKilat, yang sudah saya pakai sejak 29 September 2015 (Invoice #25677). Layanan yang kami pakai tepatnya layanan Kilat Storage dan Kilat VM.

Kelebihan CloudKilat

Pertama kami kenal CloudKilat di tahun 2015, pada saat itu dalam kondisi kami sedang cukup kecewa dengan berbagai layanan hosting lokal yang ada. Pertama harganya tidak murah, yang kedua supportnya tidak prima. Sampai akhirnya kami mencoba hosting di CloudKilat karena, yaa penasaran saja intinya.

Tak dinyana, ternyata kami langsung senang dengan layanan dari Cloud Kilat, dan tetap senang hingga 4.5 tahun setelahnya (hingga hari ini). Kenapa?

Pertama, performa VPS Kilat VM yang kami pakai terasa sangat kencang. Tidak seperti di hosting biasanya yang cukup lambat karena memiliki iowait cukup tinggi, di Kilat VM kami jarang mendapatkan iowait yang menyebalkan. Setiap kami cek dengan command “sar” biasa di kisaran 0.xx% saja. Ini membuat kepuasan kami terhadap CloudKilat cukup tinggi.

Kedua, kami juga merasakan bahwa team support di CloudKilat ini knowledgeable. Jika di tempat provider VPS lain kami bertanya teknis yang agak rumit selalu dijawab dengan jawaban standard dan tidak mendalam, maka staff support CloudKilat akan menjawab dengan lebih detail dan lebih teknis. Ini tentunya sangat membantu kami dalam troubleshooting masalah yang terjadi.

Ketiga, tidak hanya knowledgeable, team support CloudKilat juga bisa dibilang termasuk yang tercepat dalam menjawab ticket. Rata-rata hitungan kami 10-15 menit sudah dijawab, tidak peduli kami membuka ticket di malam hari atau siang hari, tetap konstan dijawab secara “kilat”.

Demikian tiga hal yang membuat kami betah dan setia untuk terus memakai jasa CloudKilat dalam menyokong bisnis kami. Mudah-mudahan kepuasan ini bisa terus dipertahankan ke depannya sehingga kami tetap betah dan tetap setia, karena, … males banget kalau harus sering pindah hosting. Ya, kan? Ya, kan? Ya, kan?

Real World Speed Test

Satu hal yang paling signifikan dari CloudKilat dalam membuat kami merasakan kepuasan adalah kecepatan website yang menjadi sangat mantap selama dihosting di sana. Kombinasi dari setup hardware yang baik dan network yang tidak kalah premium menjadikan web-web yang kami kelola umumnya bisa diload dalam 200-300 ms (untuk HTML dan CSS utama), yang pada gilirannya tentu membuat visitor menjadi nyaman dan puas saat membuka website. Menjadikan bounce rate naik dan loading time turun, yang tentunya sangat baik untuk SEO.

Contohnya bisa dilihat di http://prnt.sc/s0y9vy, waterfall chart untuk website AhliKompie, loading 265 KB dalam 368 ms, tidak terlalu buruk.

Speed di atas dengan kondisi ping dari kami berada di angka 8ms, posisi kami sendiri ada di sekitaran Bandung. Kalau Anda berada di Jakarta dan sekitarnya, tentu akan lebih cepat lagi.

Tidak Semua Sempurna

Tidak ada gading yang tak retak, begitu kata pepatah. Demikian juga layanan dari CloudKilat, tidak sempurna pula tentunya. Di balik speednya yang selalu cepat, uptime yang selalu tinggi, serta team support yang dapat selalu diandalkan, CloudKilat punya sedikit “bumper” yang membuat kami tidak bisa memberikan predikat sempurna. Apa itu? Harga.

Dari sisi harga, CloudKilat bukanlah provider yang murah, sehingga mungkin tidak cocok bagi Anda yang baru mulai icip-icip dunia hosting. Tidak terlalu mahal tapi, ya, tidak murah juga. Akan tetapi menurut kami harga yang diberikannya sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya. Jadi, tidak rugi juga menitipkan data-data Anda agar dapat diakses oleh semua orang pada layanan CloudKilat.

Tertarik mencoba? Langsung saja ikuti link berikut.

About Ahli Kompie 308 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*