Contoh Fitur Windows 7

Windows 7 merupakan sebuah seri sistem operasi terbaru keluaran Microsoft yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 ini mulai dipublikasikan pada Oktober 2009. Dibandingkan dengan rilis sebelumnya (Windows vista), Windows 7 tentunya memiliki berbagai keunggulan. Berikut adalah fitur-fitur unggulan yang disajikan Windows 7 :

Ease of Access Center

Fitur Windows 7 yang pertama Ease of Access Center menyajikan fasilitas yang nyaman dalam melakukan pengaturan setting aksesibilitas dan program. Ease of Access Center ini dapat anda temukan di Control Panel dengan cara memilih key logo Windows+U atau juga saat anda login ke Windows. Jadi intinya, fitur Ease of Access Center ini akan membuat komputer anda lebih mudah digunakan.

Contoh Fitur Windows 7 - Ease of Access

Fitur Windows 7 Ease of Access Center ini dilengkapi juga dengan fitur-fitur berikut :

– akses cepat ke berbagai tool umum, seperti Start Magnifier, keyboard layar (On-Screen Keyboard), Narrator dan yang lainnya.

– Anda akan mendapatkan berbagai rekomendasi agar komputer anda lebih mudah dioperasikan daripada sebelumnya. Disini di sertakan juga kuisioner yang menyediakan daftar setting pengaturan komputer yang disarankan berdasarkan jawaban yang anda berikan terhadap sejumlah pertanyaan tertentu.

– Anda dapat menjelajahi semua setting pengaturan komputer berdasarkan kategori. Setting pengaturan komputer pada Windows 7 ini telah dirancang sedemikian rupa, sehingga anda tidak harus repot-repot mencarinya di tempat-tempat yang berbeda, karena semuanya terpusat di satu tempat. Pada bagian ini, anda dapat melakukan pengaturan setting mengenai :

o Men-setting agar dapat menggunakan komputer tanpa tampilan
o Men-setting komputer anda lebih mudah dilihat
o Men-setting mouse dan keyboard agar lebih mudah digunakan
o Memungkinkan anda untuk fokus pada tugas-tugas yang sedang dikerjakan

Magnifier

Salah satu fitur Windows 7 yang lain adalah Magnifier. Dengan fitur Magnifier ini, anda akan dapat melihat tampilan bagian-bagian tertentu pada layar dengan ukuran yang lebih besar. Anda dapat melihat bagian tertentu pada layar dengan cara mengarahkan Magnifier pada area yang bersangkutan. Magnifier pada Windows 7 terdiri dari 3 modus, yaitu modus layar penuh, modus lensa dan modus merapat. Pada windows 7 ini, kualitas dari magnifier itu sendiri telah disempurnakan. Anda bahkan dapat men-set tingkat perbesaran sampai dengan 16 kali lipat dari ukuran aslinya. Anda dapat menelusuri objek yang diperbesar dengan cara menggerakan mouse, menggunakan keyboard ataupun editing teks.

Berikut hal-hal yang bisa anda lakukan dengan fitur Windows 7 Magnifier yang satu ini :

– Anda dapat menentukan fokus Magnifier agar mengikuti pergerakan kursor mouse, fokus keyboard atau editing teks.

– Anda dapat mengubah tingkat perbesaran objek

– Anda dapat men-set ukuran lensa

– Anda dapat mengaktifkan inversi warna agar tampilan layar terlihat lebih nyaman

– Anda dapat menampilkan toolbar Magnifier

On-screen Keyboard

Dengan fitur Windows 7 yang satu ini, anda dapat mengetik tanpa menggunakan keyboard fisik. On-screen Keyboard menampilkan keyboard visual yang disajikan lengkap dengan semua tombol-tombol standar. Dengan fitur ini, anda dapat menginputkan data dengan menggunakan mouse atau perangkat penunjuk lainnya.

On-screen Keyboard pada Windows 7 ini dapat anda ubah ukurannya serta di-set ulang agar nyaman serta lebih mudah dilihat dan digunakan. Yang tak kalah menarik adalah On-screen Keyboard kini dilengkapi dengan fasilitas prediksi teks yang disajikan dalam 8 bahasa. Jadi, saat anda mengetikkan teks, maka On-screen Keyboard akan menampilkan prediksi daftar kata yang mungkin akan anda maksud.

Tambahan Fitur Lainnya

Disamping itu, Windows 7 juga menyajikan sejumlah fitur menarik lainnya, seperti :

Narrator. Fitur yang satu ini akan membacakan (mensuarakan) teks yang terpampang di layar serta menginformasikan berbagai event yang terjadi (seperti tampilan pesan error dan yang lainnya) yang terjadi saat anda sedang menggunakan komputer.

Speech Recognition. Memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan komputer hanya dengan menggunakan suara.

Pengubah ukuran huruf. Anda dapat membuat teks dan objek terlihat lebih besar dan lebih mudah dilihat tanpa mengurangi kualitas grafisnya.

Personalisasi. Anda dapat menambahkan sentuhan personal pada komputer anda dengan cara mengubah tema komputer, warna, efek suara, background desktop, screen saver dan yang lainnya. Disamping itu, anda juga dapat memilih gadget tertentu untuk dekstop anda.

Contoh Fitur Windows 7 – Penutup

Demikian beberapa contoh fitur Windows 7 terbaru yang dapat kami share informasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan apakah tetap memakai versi Windows sebelumnya atau beralih ke versi terbaru ini.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*