Cara Setting XL GPRS

GPRS yang merupakan kepanjangan dari General Paket Radio Services adalah sebuah layanan jaringan seluler yang mendukung WAP, pesan teks SMS serta jenis komunikasi data lainnya. Teknologi GPRS ini terintegrasi dengan telepon mobile 2.5G yang dirancang khusus untuk menyediakan transfer data yang lebih cepat daripada jaringan seluler sebelumnya, yaitu 2G. Untuk masalah pembayaran, awalnya pengguna membayar layanan GPRS ini berdasarkan jumlah bandwidth jaringan yang telah digunakan dalam mengirim dan menerima data. Tapi seiring dengan peningkatan jumlah penyedia (provider) kini GPRS juga ditawarkan dalam paket data unlimited (tidak terbatas) dimana anda dapat membayar penggunaan bandwidth dalam hitungan paket waktu tertentu, entah itu per minggu atau perbulan.

Cara Setting XL GPRS - Nyambung TerusDengan GPRS, anda dapat melakukan browsing tanpa harus menggunakan hardware atau perangkat lainnya. Sangat sederhana. Hanya dengan bermodalkan telepon selular (HP) anda sudah dapat terhubung ke internet. Sebelumnya, jangan lupa untuk mensetting aktivasi GPRS di HP anda. GPRS ini merupakan sebuah alternatif lain (yang lebih lambat) dari jaringan seluler EDGE 2.5G. GPRS mendukung kecepatan data teoritis hingga 171 Kbps. Sedangkan EDGE sendiri kecepatannya bisa mencapai 473 Kbps.

Cara Setting XL GPRS – Langkah Setting

Sesuai dengan judulnya, disini akan dibahas mengenai cara XL GPRS. Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah ‘kenapa harus XL?’. salah satu alasan utamanya yaitu karena XL menyediakan GPRS yang dapat anda setting secara gratis. Caranya adalah : Ketik GPRS [spasi] MERK HP [spasi] TIPE HP kemudian kirim ke 8886.

Pilihan lainnya, yaitu anda dapat berbicara langsung dengan CCO dengan menghubungi 818 >> kemudian pilih angka 0.

Disamping itu anda juga dapat men-setting GPRS secara manual. Berikut langkah-langkahnya :

– Kunjungi http://www.xlgprs.net/
– Isikan username : xlgprs
– Isikan password : proxl
– Isikan WAP Gateway IP Address : 202.152.240.50
– Pilih port : 9201 (untuk tipe standar) atau 8080 (untuk tipe proxy)
– Homepage : http://wap.lifehand.com

Sedangkan untuk melakukan setting MMS XL :

– Kunjungi http://www.xlmms.net/
– Isikan username : xlgprs
– Isikan password : proxl
– Isikan WAP Gateway IP Address : 202.152.240.50
– Pilih port : 9201 (untuk tipe standar) atau 8080 (untuk tipe proxy)
– Homepage : http://mmc.xl.net.id/sevlets/mms

Itu yang gratis. Sedangkan untuk setting GPRS berbayar, anda tinggal mengirimkan format setting via SMS ke 9667. Berikut penjelasan lengkapnya :

Setting GPRS >> Ketik : GPRS [spasi] Merk HP [spasi] Tipe HP
Contoh >> GPRS Sony Ericsson K800i (lalu kirim ke 9667)

Setting MMS >> Ketik : MMS [spasi] Merk HP [spasi] Tipe HP
Contoh >> MMS Sony Ericsson K800i (lalu kirim ke 9667)

Cara Setting XL GPRS – Penutup

Sebagai informasi tambahan, bagi anda pengguna XL silakan kunjungi xl.co.id/language/id-id/internet/tarifdasar/settingapndangprs untuk informasi lebih lanjut mengenai setting APN dan GPRS. Di sana anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai setting APN dan GPRS via SMS. Tersedia juga informasi mengenai Setting APN GPRS Harian Unlimited, baik itu melalui modem maupun melalui Handphone.

Disamping itu, anda juga dapat mengakses informasi mengenai cara mensetting GPRS di modem. Tersedia setting untuk berbagai jenis modem – mulai dari modem ZTE, Huawei, sampai dengan SU-9500 serta versi-versi SU sebelumnya. Terakhir, anda dapat mengetahui cara setting di ponsel. Caranya, cukup pilih jenis ponsel yang anda pakai dan untuk selanjutnya akan ditampilkan langkah-langkah men-setting XL GPRS yang sesuai dengan HP anda.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*