Ingat Shalawat dan Istighfar

Salah satu ibadah yang besar pahalanya adalah shalawat dan istighfar. Sayangnya walaupun keduanya mudah dilakukan kita sering lupa untuk melakukannya. Terus bagaimana agar bisa ingat terus? Caranya kita pakai pengingat.

Pengingat Shalawat di Android/iOS

Agar tidak lupa untuk sering bershalawat, kita bisa memakai aplikasi Asy-Syafii’ (free). Aplikasi ini bagus sekali. Tiap buka layar HP diingatkan sholli ‘alan nabi (bershalawatlah pada Rasulullah), tinggal kita ucapkan “Shallallahu ‘alaihi wa sallam” atau shalawat yang lebih panjang.

Saya install ini baru sejam udah hampir 10x bershalawat (ada statistik di aplikasinya), apalagi kalau 1 tahun, 10 tahun, … Moga Allah mudahkan. Cerdas banget yang buatnya dalam melihat ladang pahala, baarakallah fiihim.

Install sekarang juga,
Android: https://bit.ly/salahrasoulallah
Apple Store :https://apple.co/3iNQKyI
40 Manfaat dan Keajaiban Shalawat: https://youtu.be/MZyptGD9fNA
Sumber informasi: Ust. Mifdhol Abdurrahman, Lc MHI

Update: Sekitar 12 jam install, termasuk tidur malam. Udah hampir 60x shalawat pendek (baca: shallallahu’alaihi wa sallam) karena diingetin aplikasi di atas. Sangat bermanfaat aplikasinya 🌟

Pengingat Istighfar di Windows

Untuk Windows, sejauh ini saya belum menemukan aplikasi yang sejenis. Tapi kita bisa buat sendiri system serupa dengan fitus scheduled tasks di Windows.

Caranya, siapkan aplikasi yang ingin kita pakai untuk menjalankan suara, misalkan aplikasi MPC-BE (Media Player Classic Black Edition). Download dan install. Siapkan juga file audio pengingat istighfar, download dari link berikut (bisa juga download pengantar di sini).

Selanjutnya ke start menu Windows, ketik “Scheduled Task”. Lalu buat sebuah scheduled tasks baru.

Pilih untuk menjalankan task setiap hari/daily dan set agar diulang setiap hari.

Lalu masukkan path ke file yang ingin kita jalankan, misalkan file audio pengingat untuk istighfar. Pastikan memakai opsi /play /close /minimized. Sehingga contoh commandnya:

"C:\Program Files (x86)\MPC-BE\mpc-be.exe" /play /close /minimized "D:\path\to\file\Voice 317 - Ingat Istighfar Pendek.m4a"

/play, membuat player otomatis menjalankan file yang diinginkan
/close, membuat player mati setelah menjalankan file yang diinginkan
/minimized, membuat player jalan dalan kondisi minimized sehingga tidak muncul di layar

Selanjutnya klik finish dan file akan dijalankan setiap jam 8 pagi, sehari sekali.

Jika ingin kita rubah menjadi lebih sering, misalnya 15 menit sekali, bisa juga kita edit propertiesnya menjadi seperti begini:

Semoga bermanfaat dan menambah jumlah dzikir kita semua.

About Ahli Kompie 321 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*