Ahli Kompie

Mengatasi DNS Leak / DNS Hijack

DNS yang dihijack oleh orang yang tidak bertanggung jawab bisa membuat koneksi kita tidak aman, selain itu juga bisa membuat koneksi kita jadi lemot karena terkadang yang membajak adalah pihak ISP yang kualitas DNS servernya alakadarnya. Kenapa ISP membajak? Karena diharuskan untuk memfilter koneksi internet oleh pemerintah.

Solusinya? Gunakan DoH (DNS over HTTPS) atau DoT (DNS over TLS). Bisa pakai aplikasi mudah saja untuk menyalakannya.

Di Android

Bisa gunakan Nebulo di Android, install dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.frostnerd.smokescreen. Yang menarik di Nebulo ada mode non-VPN, jadi dia akan menginstall DNS server di handphone kita dan melakukan query dari sana. Sedikit mengurangi jumlah icon yang muncul di bagian atas handphone kita.

Aau bisa juga pakai Intra, buatan Jigsaw, salah satu divisi dari Google Alphabet, install di https://play.google.com/store/apps/details?id=app.intra.

Untuk Windows:

Bisa gunakan DNScrypt yang akan mengenkripsi koneksi internet Anda sehingga tidak dibajak oleh ISP. Download dari https://www.dnscrypt.org/ atau dari https://simplednscrypt.org/

Untuk Windows/Android:

Bisa gunakan layanan dari https://1.1.1.1 dari Cloudflare. Cuman sampai sekarang suka jadi lemot laptopnya karena sepertinya RAM bocor, walau RAM 32 GB bisa tiba-tiba penuh karena ada RAM leak dari aplikasi ini.

Untuk MIUI 12+

Bagi pengguna Xiaomi MIUI versi 12+ juga bisa dengan cara mudah, yakni mengaktifkan private DNS


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *