Cara Membuat Situs Social Media (Jejaring Sosial) | Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Jejaring Sosial

Cara Membuat Aplikasi Chatting Seperti Facebook Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Jejaring Sosial Cara Membuat Social Network Seperti Messenger Cara Membuat Socmed Cara Membuat Sosial Media

Facebook, Twitter, Plurk, Friendster  dan masih banyak lagi. Situs-situs yang sering dikenal dengan situs jejaring sosial. Hampir semua orang keranjingan dengan situs sosial tersebut. Bahkan mungkin istilah “tiada hari tanpa Facebook” atau istilah serupa lainnya bukanlah sekadar istilah. Indonesia sendiri dinobatkan sebagai terbesar ketiga pngguna Facebook terbanyak dari seluruh  dunia. Itu berarti setidaknya setiap hari ada orang di sekitar anda yang membuka atau setidaknya memiliki akun di Facebook.

Nah, sebuah pertanyaan menggelitik muncul. Bisa tidak ya jika kita membuat situs jejaring sosial kita sendiri? Jawabannya bisa. Ada banyak tool yang menawarkan kemampuan untuk membuat situs jejaring sosial anda sendiri, tapi biasanya ditujukan pada para web developer. Lalu adakah tool yang lebih sederhana yang dapat dipakai oleh para pemula atau anda yang bukan seorang web developer? Tentu saja ada.

Tiga tool yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah tool untuk membuat situs jejaring sosial anda sendiri dengan cara yang begitu sederhana dan mudah. Anda dapat membuat situs jejaring sosial anda sendiri hanya dalam hitungan menit. Tak perlu menunggu waktu lama. Tertarik? Yuk, kita simak.

Cara Membuat Situs Social Media (Jejaring Sosial) – Tools

Ning Social Media Example

Ning adalah sebuah layanan gratis (trial). Ning merupakan platform untuk membuat situs jejaring sosial, jaringan sosial dan komunitas secara custom (sesuai keinginan) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mendukung fasilitas iklan yang dapat anda jadikan ajang beriklan meskipun anda harus membayar (atau bahkan dibayar) per bulannya.

Ning memiliki host jejaring sosial terbesar. Ning juga memungkinkan anda untuk menambahkan sejumlah fitur jejaring sosial anda sendiri termasuk diantaranya menentukan tampilan melalui template, mengatur video, RSS feed, galeri foto, forum diskusi dan masih banyak lagi fitur lainnya. Keuntungan utama dari Ning ini adalah user friendly dan mudah digunakan. Ning juga mendukung layer layanan “Like” dan menyediakan integrasi dengan Facebook, Twitter, Google dan Yahoo.

 

CollectiveX ini lebih berfokus pada pembuatan social media (jejaring sosial) bertipe group site dimana setiap anggotanya dapat saling berbagi foto, video, RSS feed dan dapat pula membuat forum diskusi dimana setiap anggota dapat saling aktif di dalamnya. CollectiveX ini tidak kalah menarik dibanding kedua tool sebelumnya. CollectiveX ini disebut-sebut mirip dengan LinkedIn. Hanya saja CollectiveX lebih berfokus pada penawaran tool kolaborasi dan sharing untuk grup baik itu berupa perusahaan ataupun board of directors yang sekarang telah berganti nama menjadi groupsite.com sebagaimana nama produk CollectiveX yang terkenal, Groupsites. Slogan yang diusungnya adalah “Where Social Networking anda Collaboration Meet” yang berarti “Dimana jejaring sosial dan kolaborasi bertemu.

CollectiveX Social Media Oracle

Sayangnya CollectiveX ini berbayar. ketika anda mengklik link collectivex.com/signup anda malah diarahkan pada halaman “daftar harga” di situs groupsite.com. Groupsite membantu siapapun untuk dapat menciptakan situs social media (jejaring sosial) sendiri baik untuk kepentingan pribadi ataupun perusahaan.

CollectiveX Social Media Learning Center

CollectiveX didirikan oleh Clarence Wooten, seorang entrepreneur dan venture capitalist. Antarmuka untuk membuat biografi anda berupa pertanyaan dan jawaban dengan berbasis ajax yang begitu cantik. Hasilnya adalah sebuah tampilan biografi yang profesional dengan tambahan fitur seperti kalender, message board, penyimpanan file dan fitur lainnya. Sebuah situs bahkan menyebut CollectiveX sebagai “Social Media Network 3.0”, sebuah generasi baru situs jejaring sosial.

  • SnapVille

SnapVille ini semula dikenal dengan nama me.com. SnapVille merupakan sebuah platform baru dengan berbasis perangkat lunak yang diberi nama SNAPP yang memungkinkan anda untuk dapat membuat situs jejaring sosial anda sendiri dengan begitu mudah. SnapVille sendiri menawarkan fitur social media (jejaring sosial) menarik meliputi : Instant Messaging, Chat Room, grup, kalender, event invitation dan masih banyak lagi.

UPDATE : SnapVille sekarang sudah tidak tersedia lagi.

Cara Membuat Situs Social Media (Jejaring Sosial) – Penutup

Demikian tiga tools yang dapat membantu anda membuat situs jejaring sosial anda sendiri. Anda tertarik? Silahkan kunjungi situs masing-masing. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Sosmed Sendiri Cara Programer Membuat Media Sosial Cara Situs Jejaring Sosial Seperti Fb Carqa Membuat Sequence Sosial Media Cra Membuat Media Sosial