Cara Membuat Antena Wajan Bolic

Internet sekarang ini bukan merupakan sesuatu yang mahal lagi bagi kita. Banyak teknologi yang dapat digunakan untuk mendapatkan jaringan internet dengan harga murah. Salah satu teknologi yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan teknologi antena Wajan Bolic.

Wajanbolic merupakan sebuah antena nirkabel yang terbuat dari wajan yang digunakan untuk memperkuat sinyal radio. Antena Wajanbolic dan antena parabola memiliki cara kerja yang sama, dimana mereka sama-sama menempatkan bagian yang sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul pada bagian sensitif tersebut. Perlu untuk diketahui bahwa jangkauan koneksi antena ini sekitar 1 – 2 KM, bahkan ada yang mencapai 5 KM. Biaya untuk membuat antenna wajan bolic pun relatif murah, hanya sekitar 300 ribu – 350 ribu.

Contoh Antena Wajan Bolic

Legalitas Penggunaan Antena Wajan Bolic

Mungkin anda akan bertanya, bagaimana dengan kepastian hukum untuk teknologi ini? Pada tahun 2005, khusus untuk frekuensi wajan bolic yang berada pada frekuensi 2.4 GHz bebas digunakan dengan syarat :

  1. Memiliki daya pancar tidak lebih besar dari 100mW
  2. Batasan frekuensi yang digunakan atau EIRP tidak lebih besar dari 36dBm
  3. Peralatan yang digunakan telah memiliki sertifikasi

Komponen Utama Antena Wajan Bolic

Jika anda tertarik untuk membuat antena Wajanbolic, maka perlu anda ketahui bahwa antena ini terbentuk dari 3 komponen utama antara lain :

  • Peralatan yang dibuat untuk memantulkan sinyal yang terbuat dari konstruksi wajan/ panci. Biasaya ukuran wajan atau panci yang digunakan sekitar 40cm.
  • Ujung antena dapat berbentuk tabung atau bentuk lainnya, dan bisa Anda isi dengan  USB WLAN. Untuk tabung kabel, Anda dapat memakai pipa PVC yang menurut Anda cukup besar dan cukup panjang. Jangan lupa untuk membungkus ujungnya dengan Aluminium Foil untuk meningkatkan daya tangkap.
  • Untuk menghubungkan antena ke komputer, gunakan kombinasi kabel USB dan kabel LAN yang disediakan.
Bahan Antena Wajan Bolic

Pembuatan dan Alat Produksi Antena Wajan Bolic

Sebelum anda membuat Antena Wajan Bolic, ada beberapa peralatan yang perlu anda miliki seperti :

  • Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan seperti USB WLAN, pipa paralon dengan ukuran 3 inch, wajan / penggorengan dengan ukuran 40 cm (jika lebih ukurannya lebih besar maka lebih baik), pipa pralon dengan ukuran 1.25 inch dan dob paralon, kabel USB yang panjang dan USB Extender.
  • Lubangi wajan / penggorengan, setelah itu siapkan dob paralon dengan ukuran 3 inch dan dop paralon dengan ukuran 1.25 inch yang di bor di bagian tengah. Kemudian baut dob paralon dengan ukuran 3 inch ke dasar wajan.
Diagram Antena Wajan Bolic
  • Sediakan USB WLAN. Agar USB WLAN dapat tahan lama, Anda dapat mencoba untuk menutupnya dengan karet atau plastik, supaya tidak rusak karena terkena hujan.
  • USB WLAN yang telah dilindungi karet kemudian dimasukkan ke dalam paralon berukuran 1.25 inch. Usahakan agar anda meletakkan USB WLAN dengan posisi seperti gambar dibawah
  • Dop kemudian dipapsang di ujung pralon dengan ukraun 3 inch. Semua dinding dob pralon ditutup dengan aluminium foil. Kombinasi antara dop pralon yang dilapisi aluminium foil dengan paralon yang ditutupi aluminium foil sebetulnya menjadi konstruksi antenna kaleng.
  • Paralon dengan ukuran 3 inch lalu diberikan pelapis aluminium foil sekitar 20cm dari pangkalnya. Pastikan ada jarak yang cukup dari tengah wajan. Lubangi paralon sekitar 5-6 centimeter dari tepi, untuk penghubung USB WLAN.
  • Masukkan USB WLAN ke dalam paralon. Dan pastikan bahwa ujung dari USB WLAN keluar pada jarak sekitar 5-6 centimeter dari tepi .
  • Setelah itu, masukkan dob paralon yang berukuran 3 inch
  • Sambungkan kabel USB dengan kabel UTP.

Cara Membuat Antena Wajan Bolic – Penutup

Nah, selesai sudah cara-cara yang harus anda lakukan untuk membuat antena wajan bolic. Tentunya teknologi dapat menjadi solusi bagi anda yang memiliki keterbatasan biaya untuk internet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

20 Comments

    • @ Dede

      Sangat berbeda Pak Dede. FM hanya bermain di frekuensi 90-110 MHz, sedangkan Wifi bermain di frekuensi 2+ GHz.

      FM hanya membawa gelombang suara (analog), WiFi membawa gelombang data (digital).

  1. Mas, mau tanyinguna nih, sy kurang ngerti baca rumusx/tentuin feeder anten yg sy akn buat, jd minta tolong dihitungkan/tentukan feederx. wajan sy Diameter=30 cm, kedalaman wjn=5cm

    • @ Ancha

      Mungkin bisa dicoba pakai rumus F = D^2/(16xd).

      D = diameter, d = kedalaman dari center, F = jarak titik fokus dari center.

      F = 30^2 / (16×5) = 900 / 80 = 11.25

    • @ Dhimas

      Range apa nih ya? Kalau range frekuensi, range 2.4 s/d 2.5 Ghz.

      Kalau range jangkauan, bisa sampai 5 km kalau wajan dan receivernya bagus.

  2. mas..mo-nanya ni.,kalo USB modem CDMA (smartfren) bisa gak pake antena jenis ini, kalo bisa pa rumus perhitungan nya sama jg, cara pasang modem nya di taruh di antena jg ga..& max panjang kabel USB brp m ? maaf banyak tanya…atas pencerahnnya trims

    • @ kharisma

      USB WLAN = adapter maksudnya? Kalau yang dimaksud WLAN Adapter berbentuk USB, itu dongle supaya komputer yang tidak memiliki kemampuan WLAN bisa mendapat sinyal tanpa harus melalui kabel LAN standard.

      • maksudnya sama gak seperti modem usb broadband ? yg suka dipake interntan itu ^^ *maklum kurang ngerti masalh IT
        setah rangkaian wajan bolic jadi.. apa ada lagi software pendukung untuk diinstal dikompi? .Terima Kasih Pak ^_^

        • @ kharisma

          Oh beda. Wajan bolic lebih sebagai antena untuk menangkap sinyal wireless saja, bukan seperti modem USB Broadband yang pakai jaringan dari operator seluler :)

  3. pertanyaan saya sama si kharisma yaitu USB WLAN. Saya msih belum paham.apakah semacam modem atau peralatan yg lain. oh jadi kalo pake wajan bolic internetanya gratis atau harus pake modem lagi. maaf saya awam tentang hal ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*