Cara Menyembunyikan File dan Folder

Banyak orang ingin menyembunyikan file dan folder yang ada di komputer mereka dengan berbagai alasan. Salah satu alasan positif dan juga penting adalah masalah keamananan, terutama untuk mengamankan data-data sensitif yang terkait dengan keamanan data finansial.

Ada berbagai cara untuk menyembunyikan file dan folder yang bisa Anda lakukan, mulai dari yang manual dan lama, hingga yang cepat dan mudah dengan menggunakan bantuan software tertentu. Pada artikel kali ini, kita akan mencoba cara yang cepat dan mudah dengan menggunakan sebuah alat bantu bernama Hide Folder.

Pengenalan & Download Link Software Hide Folder

Sebelum anda membaca artikel ini, sebaiknya anda tahu terlebih dahulu mengenai, apa itu software ‘Hide Folder’ yang akan kita pakai untuk menyembunyikan data-data kita.

Hide Folder adalah sebuah program/software yang memungkinkan anda untuk melakukan perlindungan terhadap file, folder serta disk di komputer anda sehingga menyembunyikan file dan folder Anda dari akses-akses yang tidak diinginkan. Dia akan memproteksi file dan folder yang ingin Anda lindungi dengan menyembunyikan data, juga memberikan password dan enkripsi pada object yang Anda inginkan.

Untuk info lebih lanjut, silakan lihat di hide-folder.com/overview/hf_1.html

Untuk mendownloadnya, silakan datang ke hide-folder.com/download.

Cara Menyembunyikan File dan Folder – Cara Penggunaan

Pada dasarnya penggunaan Hide Folder ini sangat mudah. Untuk menjalankannya, anda cukup memilih daftar folder yang ingin anda proteksi dengan cara mengklik tombol Hide yang ada di menu utama. Setelah itu, semua folder yang anda pilih akan menghilang (tidak terlihat) secara ajaib di komputer anda. Untuk dapat mengaksesnya kembali, anda harus membuka program dan memasukkan password yang telah anda masukkan saat pertama kali anda menjalankan program ini. Berikut adalah uraian ‘Manual Guide’ untuk fitur-fitur yang tersedia pada Hide Folder.

Validasi Password Pengguna

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Password Protecting

Saat Anda menjalankan Hide Folder untuk pertama kalinya, Anda akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini. Setelah itu, masukkan password Anda di kolom yang tersedia. Password ini berfungsi agar pengguna lain tidak dapat mengakses program Hide Folder. Kemudian klik ‘OK’.

Pada tampilan antar muka lain, Pilih ‘Browse’ untuk menyembunyikan file yang akan diproteksi. Software ini kemudian akan menyarankan Anda untuk menggunakan fitur Backup untuk mem-backup file dan folder yang disembunyikan. Ini berfungsi agar file dan folder yang bersangkutan dapat dipulihkan kembali jika ternyata sewaktu-waktu terjadi kesalahan, seperti misalnya lupa password atau kesalahan lainnya.

Pengaturan Tingkat Keamanan File

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Choose Security Level

– Kemudian Anda akan dihadapkan pada jendela yang menampilkan langkah-langkah pengoperasian. Pada langkah pertama, Anda dapat melakukan pengaturan terhadap tingkat keamanan yang ingin digunakan. Disini tersedia empat pilihan keamanan, yaitu :
– Menyembunyikan file, folder atau menyembunyikan disk. Folder yang telah disembunyikan nantinya tidak akan terlihat di Explorer dan program lainnya
-Mode ‘read-only’. Untuk mode yang ini, pengguna lain tidak akan dapat menghapus atau melakukan pengubahan pada file Anda.
-Menyembunyikan dengan cara enkripsi pada file dan file tertentu
-Trik keamanan. Pengguna tertentu dapat mengakses folder-folder tertentu, folder khusus dan Setting pada Windows.
– Setelah Anda memilih salah satu mode keamanan yang tadi, klik ‘Next’.

Menentukan Objek Yang Akan Di-Proteksi

 

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Choose Object

Jendela tampilan berikut merupakan layar utama dari Hide Folder. Pada jendela ini, Anda dapat menentukan objek apa saja yang ingin di-proteksi. Di sini, Anda juga dapat melakukan beberapa pengaturan program dan menyembunyikan data yang Anda inginkan.

Melakukan Enkrpsi File

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Encryption

 

Untuk melakukan enkripsi pada file, tandai file yang ada pada list (daftar) file kemudian pilih ‘Encryption’ >> ‘Encript File’ yang ada di menu sebelah atas. Setelah itu, pilih algoritma yang diinginkan dari list yang tersedia, seperti algoritma Blowfish, CAST, Cobra128, PC1, Rijndael, Serpent, TMS, Triple-DES, Twofist dan yang lainnya.

Proteksi untuk ‘My Documents’ dan Folder Penting Lainnya

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Folders

 

Anda dapat menyembunyikan  ‘My Documents’ dan ‘My Favorites’ dengan mudah. Sehingga tak akan ada orang yang bisa mengakses folder-folder tersebut (My Douments dan My Favorites) kecuali Anda sendiri. Pengguna-pengguna yang tidak diijinkan tidak akan dapat membuka ataupun menghapus file-file yang ada di folder tersebut. Terdapat list yang dapat Anda pilih, seperti menghilangkan akses terhadap My documents, My Favorites, History dan Control Panel. Disamping itu, Anda juga dapat mecegah pengguna lain untuk mengubah settingan waktu dan tanggal (date/time) serta mengubah desktop.

Memilih Proses Tertentu Yang Diijinkan

Cara Menyembunyikan Folder dan File - Process

Anda dapat menentukan beberapa proses yang diijinkan untuk mengakses semua objek yang ada pada Hide Folder. Jendela tampilan di bawah memungkinkan Anda untuk melindungi file-file Anda terhadap pembukaan dan penutupan file – caranya yaitu dengan meng-klik file yang ada di list.

Cara Menyembunyikan File dan Folder – Penutup

Kesimpulannya, untuk menyembunyikan file dan folder tertentu di komputer Anda sangatlah mudah, hanya membutuhkan sebuah software kecil bernama Hide Folder yang akan membantu Anda untuk melakukan hal tersebut. Selamat mencoba dan juga semoga bermanfaat.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*