Cara Memperbaiki Foto Dengan Photoshop [BASIC] | Cara Menghilangkan Bayangan Di Photoshop

Cara Menghilangkan Bayangan Hitam Di Photoshop Cara Menghilangkan Bayangan Di Photoshop Cara Menghilangkan Bayangan Di Foto Cara Menghilangkan Bayangan Photoshop Cara Menghapus Bayangan Di Foto Dengan Photoshop

Bagi seorang fotografer profesional maupun amatir,  memotret sebuah objek foto  merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk dapat menghasilkan sebuah karya seni yang tak ternilai harganya.  Proses pengambilan objek foto dilakukan dengan beragam perhitungan, seperti penggunaan lensa, posisi enggel yang pas, intensitas cahaya yang memadai, jarak antar objek yang tepat, dan lain lainnya. Namun demikian, walaupun segala aspek telah diperhitungkan secara matang, terkadang kualitas foto yang dihasilkan tidak selalu dalam kondisi baik. Begitupun halnya ketika akan  mengulangi proses pemotretan pada objek yang sama, Anda belum tentu dapat menghasilkan foto dengan  kualitas yang diinginkan karena memotret objek nyata berbeda dengan membuat lukisan yang dapat dijiplak dan diulang tanpa harus tergantung pada banyak hal.

Cara Memperbaiki Foto dengan Photoshop

Karena untuk dapat menghasilkan foto dengan objek yang sama dan kualitas yang lebih baik, cukup sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah memanipulasinya. Yaitu dengan  menggunakan aplikasi  image editor Photoshop. Aplikasi ini adalah versi yang “lebih advanced” dari berbagai image editor lain seperti Paint.net, Picnik, Picasa, dan yang lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Photoshop ini, setiap fotografer dapat dengan mudah menambahkan efek, memperbaiki kualitas gambar, mempertajam cahaya , menambahkan elemen objek lainnya tanpa  harus mengulangi proses pemotretan. Untuk Anda yang kurang mahir dalam menggunakan aplikasi Photoshop, tidak perlu risau karena aplikasi ini telah dilengkapi berbagai macam tool yang dapat Anda gunakan dengan sangat mudah dan terdapat panduan lengkap yang akan membimbing Anda jika menemukan kesulitan. Adobe Photoshop dirancang untuk dapat mengubah objek gambar/ foto dengan cara dan  langkah yang sangat mudah serta dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang menakjubkan.

Tool yang terdapat pada Photoshop dapat Anda sesuaikan untuk melakukan proses editing foto/ gambar. Berikut ini terdapat beberapa trik mudah yang dapat Anda lakukan untuk memanipulasi foto yang Anda miliki.

Cara Menghapus Tahi Lalat dan Noda Lainnya [Dasar]

Aplikasi Adobe Photoshop menyediakan tool content – aware yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat dan noda-noda mengganggu lainnya. Tool ini dapat membantu Anda memanipulasi foto yang Anda miliki menjadi lebih baik dari sebelumnya. Content – aware bekerja dengan cara merekonstrusi spot-spot gambar yang telah Anda tentukan sebelumnya. Untuk menggunakan tool ini sangatlah mudah.

  • Pilih Tool Spot Healing Brush yang terdapat pada sidebar Photoshop
Menghilangkan Noda Photoshop - Spot Healing Brush
  • Aktifkan Tool Content-aware Photoshop
Memperbaiki Gambar Content Aware Tool Photoshop
  • Anda dapat menyesuaikan ukuran kuas dengan objek yang akan diperbaiki. Untuk dapat memanipulasi dengan detail maka ubah ukurannya pada sisi kiri atas dengan cara klik kiri moude.
  • Ukuran kuas disesuaikan dengan ukuran noda yang akan dihilangkan.

Cara Memperbaiki Bagian Yang  Dibayangi [Dasar]

Saat Anda akan melakukan proses pemotretan objek pada alam terbuka, hal yang paling harus Anda perhatikan adalah cahaya. Pencahayaan pada saat pemotretan outdoor seringkali menjadi masalah, karena cahaya kamera tidak dapat mengcover teriknya cahaya matahari. Begitupun saat Anda hendak memotret objek orang yang mengedipkan mata atau saat akan menangkap objek yang tersenyum, bila cahaya berada pada posisi yang kurang tepat tidak jarang foto yang diambil akan menghasilkan bayangan yang mengganggu. Untuk dapat menghilangkan bayangan seperti itu, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan.

  • Perhatikan baik-baik foto berbayang yang Anda miliki
  • Foto berbayang bisa diibaratkan dengan dua objek foto yang tertumpuk, oleh karena itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkannya dengan Adobe Photoshop
  • Untuk memisahkan dan memperjelas objek bayangan dan objek asli, maka terlebih dahulu adalah dengan cara menghilangkan objek bayangan tersebut. Pilih Image >>  Adjustment >> Level, tentukan kalibrasi objek tersebut sampai terlihat terpisah jelas
Adobe Photoshop Image Adjustment Level
  • Jika gambar objek asli dan bayangan sudah terpisah maka hilangkanlah objek bayangannya.
  • Jika Anda ingin menyelesi / mengontrol batas warna-warna gelap pada objek Photoshop dapat digunakan tool pada slider kiri, sedangkan untuk mengontrol bagian yang terang terdapat pada bagain kanan bawah.
  • Untuk menentukan sisi terang dan gelap  dibutuhkan satu titik di tengah objek yang nantinya akan dihilangkan, sedangkan untuk mengapus objek bayangan, tinggal menyeleksi beberapa objek-objek Photoshop yang gelap untuk diberikan cahaya  dan Anda tinggal menarik slider tengah sesuai dengan yang Anda inginkan atau sesuai dengan objek yang kita Akan diedit.

Cara Memperbaiki Foto Dengan Photoshop [Dasar] – Penutup

Bagaimana mudah bukan cara memperbaiki foto dengan Adobe Photoshop? Tapi ingat ini hanya teknik dasar-dasar saja. Untuk mencoba berbagai teknik lainnya, silakan mengikuti berbagai tutorial Photoshop yang lainnya. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Bayangan Cara Menghilangkan Bayangan Dengan Photoshop Cara Menghilangkan Bayangan Di Wajah Dengan Photoshop Cara Menghilangkan Bayangan Difoto Cara Menghilangkan Bayangan Pada Foto