Cara Install Windows 7

Windows 7 adalah rilis terbaru dari Microsoft windows, yaitu sebuah seri sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk dapat digunakan pada PC (personal computer), laptop, netbook, tablet PC dan media center PC. Berbeda dengan rilis Windows versi sebelumnya, yaitu Windows Vista – Windows 7 kini menyajikan banyak sekali fitur-fitur baru serta penyempurnaan pada performa sistem, diantaranya seperti Windows shell yang dirancang ulang dengan taskbar baru (disebut dengan superbar), sistem jaringan rumahan yang disebut dengan HomeGroup serta yang lainnya.

 Kelebihan Windows 7

– Windows 7 menyajikan dekstop yang lebih baik. Dengan Windows 7, anda dapat mengoperasikan komputer anda dengan loading yang lebih cepat. Taskbarnya memiliki tombol-tombol dengan ukuran yang lebih besar dan menarik.

– Windows 7 menyajikan pencarian yang lebih cerdas. Ketikkan kata kunci pencarian di box search yang ada di Start menu, dan hasilnya akan ditampilkan dengan cepat, dikelompokkan berdasarkan kategori – seperti kategori dokumen, gambar, musik, e-mail dan program.

– ┬áKemudahan berbagi dengan Homegroup. Dengan fitur ini anda dapat berbagi file dan printer pada jaringan rumahan anda dengan cara yang sederhana.

– Windows 7 melakukan penyempurnaan pada performa dengan cara lebih menghemat penggunaan memori serta jika memang dibutuhkan, anda dapat menset layanan-layanan tertentu untuk dapat berjalan di belakang layar.

Langkah-Langkah Install Windows 7 – Video

Bagi Anda yang ingin mengetahui panduan cara install Windows 7 dalam versi video, silakan ikuti video berikut ini :

Untuk panduan cara install Windows 7 versi text, silakan ikuti panduan berikutnya.

Langkah-Langkah Install Windows 7 – Text

Cara Install Windows 7

– Pertama, masukkan CD/DVD ke CD/DVD drive. Pastikan juga BIOS diset untuk dapat boot dari drive.

– Kemudian akan tampil dialog box yang mengharuskan anda untuk mengisi jenis bahasa yang ingin digunakan serta nama negara dimana anda berada. Setelah mengisinya, lalu klik tombol ‘Next’

– Kemudian, klik tombol ‘Install Now’.

– Berikunya akan ditampilkan ketentuan lisensi. Centang kotak yang terletak di sebelah kiri bawah jika anda telah membaca dan menyetujui ketentuan lisensi tersebut – kemudian klik ‘Next’

– Pada jendela berikutnya, pilih tipe instalasi yang diinginkan. Apakah itu Upgrade atau Custom. Apa bedanya?

  1. Upgrade. Jika anda memilih opsi ini, maka artinya Windows 7 yang sedang anda instal ini akan menggatikan Windows versi lama yang sebelumhya telah terinstal d komputer anda. Anda tidak perlu khawatir, karena sistem akan tetap menjaga file-file anda, setting serta berbagai program di komputer anda.
  2. Custom. Opsi ini hampir sama dengan opsi Upgrade. Bedanya sistem tidak akan melindungi file-file anda, setting serta program-program yang telah ada di komputer anda sebelumnya. Asumsikan anda memilih opsi Custom.

– Pilih partisi komputer anda

– Proses instalasi dimulai. Selama proses instalasi berlangsung, terjadi setup penyalinan arsip, instalasi pada hard drive, proses ekstraksi serta yang lainnya. Waktu yang dibutuhkan biasanya berkisar sekitar 6 menit.

– Setelah selesai, maka setup perlu di-restart untuk dapat melanjutkan proses instalasi

– Setelah reboot, maka proses install Windows 7 pun berlanjut

– Setelah itu, Anda akan diminta untuk menuliskan Username dan Password (opsional)

– Pada jendela berikutnya, Anda akan diminta untuk menginputkan serial number atau product key

– Berikutnya, masukkan settingan waktu sesuai dengan daerah dimana anda berada. Masukkan juga zona waktu (time zone) dan tanggal. Anda juga dapat mengupdate waktu dari internet. Sebagian dari anda mungkin ada yang sudah men-set waktu di komputernya sebelum menginstal. Jika iya, maka anda tinggal mengubah timezone nya saja.

– Lakukan setting lokasi jaringan. Settingan ini akan menentukan bagaimana sistem operasi menset file sharing dan setting jaringan.

– Berikunya, ada fitur baru dimana anda akan ditawarkan untuk membuat Home group

– Berikutnya, tunggu beberapa saat sementara Windows 7 menset beberapa hal untuk tampilan desktop anda.

– Selesai proses install Windows 7

Cara Install Windows 7 – Penutup

Demikian cara install Windows 7 yang dapat Anda coba di komputer Anda. Semoga bermanfaat.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

12 Comments

    • @ hapi

      Untuk mayoritas komputer yang saya tahu, pada saat pertama kali booting tekan tombol DEL/F2/F12 untuk bisa masuk ke layar setting BIOS. Selanjutnya pilih saja opsi yang Anda inginkan dari dalam layar settingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*