Cara Reset / Format HP Nokia

Handphone merupakan salah satu benda yang tak terpisahkan lagi oleh setiap orang, keberadaannya sekarang ini sudah sangat penting dan beberapa orang wajib untuk memilikinya.fungsi dari sebuah handphone pun kini sudah sangat bervariasi, tidak hanya untuk sms atau telepon saja kini setelah hadir handphone yang sering disebut smartphone, sebuah handphone dapat berguna layaknya sebuah asisten Anda dimana dapat mengingatkan Anda untuk jadwal pertemuan, mengatur agenda, penunjuk arah peta, berinteraksi dengan teman atau bahkan untuk mengatur bisnis Anda. Semua itu hadir hanya dalam sebuah perangkat yang dapat Anda genggam dan bawa kemana saja Anda pergi setiap harinya. Kini dengan semakin maju teknologi banyak perusahaan pembuat telepon selular atau handphone yang bermunculan dari mulai merk besar yang sudah terkenal sampai merk baru dengan penawaran harga yang sangat murah sekalipun.

Salah satu merk besar yang tidak diragukan lagi akan produk handphonenya adalah Nokia. Nokia adalah merk terkenal asal Finlandia yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia telepon selular. Bahkan beberapa tahun yang lalu nokia pernah menjadi merk handphone terbesar dan terlaris di Indonesia. Nokia dikenal dengan handphonenya yang mudah digunakan, memiliki kualitas yang baik, produk yang sangat beragam dan memiliki harga jual kembali yang tidak terlalu jatuh di pasaran.

Cara Reset / Format HP Nokia

Perlunya Reset dan Format HP Nokia

Walaupun di Indonesia semakin banyak bermunculan merk smartphone yang kaya akan fitur serta layanan yang menarik dan membuat nama nokia berangsur meredup serta kalah dengan para pesaingnya, bukan berarti penggunanya hilang begitu saja, Nokia masih merupakan handphone dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Jadi menggunakan handphone nokia masih menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Walaupun menjadi salah satu handphone yang memiliki kukalitas terbaik, Nokia tidak terlepas dari masalah seperti halnya error atau terkena virus, bagi Anda yang menggunakan handphone nokia dan sering mengalami masalah tersebut mungkin menjadi kejengkelan tersendiri, karena Anda mungkin harus pergi ke service center dan mengeluarkan sejumlah uang. Tetapi sebelum pergi ke service center Anda bisa melakukan reset terhadap handphone nokia Anda sehingga handphone Anda menjadi seperti baru kembali, terdapat dua macam reset yang bisa Anda lakukan.

Cara Reset/Format HP Nokia 1 : Soft

Yang pertama adalah soft reset. Dengan melakukan soft reset Anda akan mengembalikan setingan handphone menjadi seperti semula. Setingan yang berubah seperti halnya ringtone, wallpaper, alarm, kalender, contrast, tanggal, waktu serta setingan lainnya. Dalam soft reset file yang terdapat di memori handphone atau C: serta aplikasi yang sudah terinstal tidak akan terhapus, jadi Anda hanya mengembalikan setingan dasar handphone saja.

Soft reset dapat dilakukan dengan cara menekan tombol *#7780#. Soft reset dapat dilakukan jika Anda merasa handphone Anda sering mengalami hang.

Cara Reset/Format HP Nokia 2 : Hard

Jenis reset yang kedua adalah hard reset, dimana sedikit berbeda dengan soft reset dalam hard reset Anda akan mengembalikan seluruh setingan handphone seperti baru kembali dan layaknya baru keluar dari pabriknya. Dengan melakukan hard reset Anda akan kehilangan seluruh data di memori handphone atau C: serta aplikasi yang sudah terinstal di dalam handphone Anda, jadi ada baiknya Anda melakukan back up terhadap file-file yang tersimpan di memori handphone atau C: terlebih dahulu sebelum Anda melakukan hard reset.

Hard reset dapat dilakukan dengan dua cara, cara pertama adalah dengan menekan *#7370# pada handphone Anda.

Cara kedua adalah dengan menekan tombol call (hijau), end (merah), tombol kamera dan tombol power secara bersamaan. Hard reset dapat Anda lakukan jika handphone Anda terkena virus yang dudah sangat parah, tidak bisa menggunakan aplikasi tertentu, dan tidak bisa melakukan proses booting. Jika semua hal itu tidak bisa tertolong dengan cara soft reset maka hard reset merupakan pilihan yang terbaik untuk Anda.

Cara Reset/Format HP Nokia – Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai dua cara mudah untuk melakukan format HP Nokia secara hard reset dan soft reset. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Ahli Kompie 297 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

60 Comments

  1. saya sudah mencoba hardreset utk nokia n8,tp ttp aja g bisa,dia hanya muncul tulisan nokia sampai 3x.Setelah itu mati lagi.
    Ada cara yg lain???

    • @ David

      Kalau sudah hard reset tetap tidak muncul, kemungkinan besar ada masalah di hardware, dan bukan di software. Saya menyarankan untuk mencoba membawanya ke tempat perbaikan.

  2. mas hp ku nokia E63 kalau dihidupkan cuma ada tampilan warna putih aja ga mau hidup.kira diresstart apa bisa mas ? klu bisa menggunakan yang soft apa yang hard ? thankyuuu

    • @ Yusep

      Gunakan dua-duanya, coba yang soft dulu baru hard. Kalau gagal semua, kemungkinan rusak di hardwarenya. Silakan dicoba dibawa ke tempat service kalau sudah sampai seperti itu.

  3. hp saya nokia c2-03,bagaimana cara resetnya ? sudah menggunakan hard & soft tetapi tidak ada perubahan..
    dan saya mempunyai masalah ,memori internal katanya 10mb,tetapi di hp saya hanya 4mb dan waktu dihubungkan ke kmptr menggunakan pc suite dan saya lihat menggunakan file manager tertulis memori 24mb dan free 1,7mb padahal tidak terdapat data apapun..bagaimana solusinya ?
    saya sudah cari2 informasi tetapi tidak ada satupun solusi yang saya dapatkan..tolong bantu saya..terima kasih..

    • @ Nur Windiatun

      Kami belum punya solusi lain selain hard reset, mohon maaf. Untuk masalah penggunaan memory, kemungkinan besar datanya sudah dipakai untuk berbagai aplikasi yang terinstall di handphone Nokia C2-03 Anda, atau data dari system handphone itu sendiri.

  4. salam.. hp sya nokia 6080. contras nya tdk bs d atur. kl msuk k pngtura tmpilan,cba set cntras. hp lgsung mti,llu hdup sdri posisi awal.
    solusinya pke reset yg mna gan? mksh.

  5. minta bantuannya HP saya tpe 7210 supernova,,,,
    menu SMS nya hilang dan multimedianya tidak bisa dibuka
    di reset dngn cara “*#7370#” sudah tapi gx berhasilll..
    mohon bantuannya gan,,,,

  6. mas saya mau tanya kenapa hp nokia c203 saya memorinya ters berkurang?dan adakah cara untuk mengembalikanya/menambahnya.mohon penjelasanya.tks

    • @ faizin

      Seiring pemakaian, ukuran file log akan terus membesar. Coba untuk dihapus dan dibersihkan saja filenya. Kalau ada file yang kurang penting di dalam handphone juga dapat dicoba untuk dihapus.

  7. ass wr.wb
    mas maaf saya mau tanya, hp nokia asha 303 saya menu kontaknya tidak bisa di buka.
    setiap kli di klik selalu muncul tulisan “operasi gagal”
    apa dengan di format ulang bisa normal kembali ?
    mohon sarannya… Trimss :)

    • @ andry

      Ya insyaaAllah bisa kembali normal dengan format. Tapi sepertinya tidak perlu sampai diformat, cukup di install ulang saja.

  8. assalamu’alaikum
    Hp saya nokia e63,ada mslh di kalendernya. Kalendernya itu ga bisa kebuka,bagaimana ya caranya?

    • @ selvia

      Nokia E63 saya pernah coba. Biasanya ada masalah dengan RAM yang kurang. Coba matikan aplikasi yang tidak perlu.

  9. salam…
    Hp saya nokia X2 saya ingin melakukan reset soft, tetapi sewaktu saya ikuti petunjuk sang ahli Hp saya minta password..
    saya sudah coba password: 1234 tetapi selalu keluar pesan kode salah,
    yang ingin saya tanyakan apakah password standart untuk nokia X2..?

    mohon bantuannya sang ahli.

    terima kasih.
    wasaalam

  10. dan harus dinstall software terusss,,repot kaluau di install ulang software terus,,solusi ya gmn ya gan??
    terimaksih

    • @ tasya

      Kalau diinstall ulang terus softwarenya tetap gak jalan, kemungkinan virusnya bersarang di data, bukan di software. Cek dan bersihkan juga file-file data yang ada.

    • @ dimas

      Yang default = 12345, tapi kalau lupa saya sarankan datang langsung ke Nokia Care terdekat untuk dibantu reset.

    • @ edo

      Secara umum bisa, tapi tergantung rusak di apanya. Biaya service kalau rusak parah bisa habis sampai Rp 500.000 (di Bandung, 2012)

  11. 2600c saya hidup mucul logo nokianya setelah itu mati trus dlm keadaan mati apakah bs direset ulang dan baterai sering low klo ada panggilan

    • @ yudy

      Kalau sering drop, pengalaman saya pribadi karena baterainya sudah rusak. Solusi yang pernah saya lakukan : beli baterai baru yang Original.

  12. Slm sjahtera. .
    Hp NOKIA C5.03 aye sering eror,jika buka halaman yg kapasitasnya besar sllu ada pemberitahuan sPrti ini:UMUM,MEMORY PENUH TU2P SBAGIAN APLIKASI, tr’kadang suka Heng jg,pdhl sy gk buka aplikasi lain,tp sering muncul sPrti itU .
    Mhn bantuanya GAN.

    • @ Paloy

      Saya kadang mengalami itu kalau aplikasi banyak yang saya buka. Solusi yang saya lakukan, tekan dan tahan tombol home, lalu pilih aplikasi yang terbuka, dan matikan aplikasi yang sedang tidak dipakai.

    • @ hafizfuadi

      Kalau berminat bisa dicoba : soft Reset dengan tekan tombol *#7780# dan Security Code 12345 (jika belum Anda rubah)

  13. Hp aku nokia e63 kalo buka hp, menu pesannya ga bisa dibuka terus,sms juga ga masuk . Masalah apanya ya? Tolong kasih tau ya . gimana benerinnya .

  14. hp ku N920 mslhnya gk bs tuk nlpon, sms memori card gak bs di buka padahal sinyal penuh cara yg disarankan dah di cb smeua slalu (emergency call only ) apa ada cara lain

  15. bisa bantu tidaj ni ……kenapa setiap hp e63 saya di aktifkan selalu muncul tanggal dan waktu yang baru,,,masak setiap hp di aktif harus selalu mengatur tanggal dan waktu terus ……

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*