Bagaimana Cara Mengaktifkan GPRS Simpati? | Gprs Telkomsel Tidak Muncul

Cara Membuka Akses Gprs Telkomsel Gprs Telkomsel Tidak Muncul Bagaimana Cara Mengaktifkan Gprs Cara Mengatasi Layanan Gprs Yang Tidak Terhubung Cara Memunculkan Gprs Yang Hilang

Kemajuan teknologi telepon seluler saat ini mendorong meningkatnya jumlah pengguna telepon seluler itu sendiri. Beragam  fitur-fitur  terbaru yang dapat menunjang  komunikasi pengguna senantiasa hadir dalam rentang waktu yang sangat cepat. Ditambah dengan harga jual perangkat telepon seluler yang relatif sangat murah dan mudah didapat. Hal ini  menjadikan perangkat telepon seluler sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi  sebagian besar penggunanya, dimana urgensinya mendekati kebutuhan primer.

Salah satu penyedia layanan telepon seluler yang terkenal di Indonesia adalah Telkomsel, dan salah satu produknya yang paling terkenal dengan layanan GPRS (Packet Data) dari Telkomsel adalah GPRS Simpati.

Cara Aktivasi GPRS Simpati

Syarat Mengaktifkan GPRS Simpati

Salah satu syarat untuk dapat mengakses internet melalui perangkat telepon seluler adalah dukungan  fitur GPRS. Pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktivasi GPRS pada telepon selular Anda.  GPRS ( General Pocket Radio Service)  merupakan sebuah  teknologi yang memberikan kemudahan dalam pengiriman dan pengambilan data (transfer data) atau pertukaran data dalam bentuk paket, biasanya berhubungan dengan Electronic-Mail atau email, WAP, WWW dan MMS. Dengan mengaktivasi GPRS pada telepon seluler yang Anda gunakan, Anda akan langsung  terhubung ke internet.

Namun ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa telepon seluler yang Anda gunakan harus dilengkapi dengan fitur GPRS dan pastikan anda berada di wilayah jangkaun GPRS.
  2. Dilengpai dengan aplikasi perangkat mobile  browser. Untuk telepon seluler biasanya digunakan operamini untuk browser ringan pada ponsel.
  3. Pastikan kartu provider yang Anda  masih dalam keadaan aktif.
  4. Perhatikan ketentuan pulsa minimum. Sebaga contoh Simpati dengan batas minimum pulsa Rp. 500

Tata Cara Mengakfirkan GPRS Simpati

Cara terpraktis untuk melakukan pengaturan  secara otomatis adalah dengan SMS.  Dibawah ini merupakan langkah atau tahapan tahapan untuk mengaktivasi GPRS Simpati:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetik SMS:
    GPRS <spasi> nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) lalu dikirim ke 6616. (*ICCID terdapat di bagian belakang kartu sim Simpati anda)
    Misalnya:  GPRS 621000109876543
    Catatan   : Untuk sekali pengiriman SMS dikenakan biaya Rp. 350
  • Pada tahapan selanjutnya, anda akan menerima  SMS konfirmasi  dari Telkomsel. Dalam waktu beberapa saat anda akan mendapat sms yang berisi pesan pemasangan GPRS Anda sedang diproses dalam tempo waktu kurang lebih 48 jam. Setelah melewati waktu tersebut dan GPRS Anda telah aktif, anda akan menerima lagi SMS konfirmasi bahwa Anda berhasil melakukan aktivasi GPRS pada ponsel anda.

Screenshot Aktivasi GPRS Simpati

Mungkin Anda akan mendapati SMS konfirmasi aktivasi GPRS kendati anda tidak melakukan  permintaan aktivasi GPRS. Hal seperti terjadi bila telepon seluler  yang Anda gunakan belum melakukan aktivasi GPRS dalam tenggang waktu yang lumayan lama setelah aktivasi kartu SIM yang Anda gunakan.

  • Tahap selanjutnya setelah GPRS teraktivasi secara otomatis, kini waktunya anda melakukan setting GPRS pada ponsel Simpati Anda secara manual.
  • Isikan beberapa pengaturan seperti dibawah ini:

Isi Setting GPRS Simpati

Jangan sampai salah memasukkan access point name, IP dan homepage. Jika salah, Anda bisa tidak tersambung sama sekali ke jaringan GPRS Simpati. Khusus untuk kolom “prompt password”, pastikan sebagai NO supaya Anda tidak diminta untuk memasukkan paddword setiap kali Anda ingin terkoneksi ke internet melalui GPRS Simpati.

Bagaimana Cara Mengaktifkan GPRS Simpati? – Penutup

Bila anda sudah melakukan langkah-langkah atau tahapan di atas tetapi Anda masih belum dapat mengakses internet melalui ponsel Anda, lakukan pengecekan pada settingan manual. Mungkin Anda melakukan kesalahan pada bagian ini.

Selamat mencoba dan semoga bermaanfaat.

Data Seluler Tidak Mau Aktif Kartu Simpati Tidak Bisa Mengaktifkan Gprs Simpati Cara Mengembalikan Settng Gprs Yang Hilang Kartu Simpati Gprs Sambungan Terputus Gimana Cara Mengatasi Gprs Simpati Terputus