Cara Upgrade OS BlackBerry

Sebelum Anda melakukan upgrade, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki Desktop Manager (DM). Setelah Anda memiliki DM terbaru, kini Anda dapat mengupgrade sistem operasi BlackBerry. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat backup. Jalankan Desktop Manager kemudian pilih ‘Backup/Restore’, lakukan backup kemudian pilih lokasi dimana Anda ingin menyimpan file backup tersebut.

Cara Upgrade OS BlackBerry

Anda dapat mendownload BB desktop manager di sini : us.blackberry.com/apps-software/desktop/desktop_pc.jsp

Langkah / Tata Cara Upgrade OS BlackBerry

Sedangkan langkah / tata cara untuk upgrade OS BlackBerry selengkapnya adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama

– Lokasikan dan lakukan identifikasi terhadap versi sistem operasi BlackBerry yang sedang Anda gunakan saat ini.

– Jika Anda tidak dapat dapat menemukannya, buka ‘Option’ kemudian klik ‘About’

– Disini tujuan Anda melakukan identifikasi versi OS yang sedang digunakan adalah untuk mengetahui apakah Anda akan melakukan upgrade atau downgrade. Langkah-langkah yang dijelaskan disini adalah upgrading, tapi untuk prosesnya sendiri hampir sama dengan downgrade


Langkah Kedua

– Download dan instal OS BlackBerry yang ingin Anda upgrade

– Anda bisa memperoleh update OS terbaru untuk BlackBerry Anda di website providernya. Contohnya Anda bisa mengakses tmobile.com/bbupgrade untuk T-mobile USA. Mengapa harus menggunakan provider resmi? Karena jika Anda mengakses provider asli Anda, maka dapat dipastikan provider Anda akan memiliki OS terbaru yang resmi untuk BlackBerry Anda.

– Anda juga dapat memriksa dan mengupgrade OS BlackBerry terbaru Anda di situs RIM Blackberry.

– Sebagai informasi tambahan, sistem operasi BlackBerry telah dispesifikasikan untuk setiap model BlackBerry. Contohnya, Anda hanya dapat menggunaan OS yang dimaksudkan untuk Pearl 8100 untuk BlackBerry Pearl 8100 dan Anda tidak dapat menggunalan OS yang sama untuk BlackBerry model Curve 8320 atau Pearl 8110.

Langkah Ketiga

– Untuk menginstal atau mengupgrade OS BlackBerry yang Anda instalkan di komputer, Anda dapat melakukan salah satu dari langkah berikut :

  • Jika OS yang Anda instalkan di komputer Anda adalah service provider Anda yang resmi/asli, maka Anda tinggal menjalankan BlackBerry Desktop Manager kemudian pilih Application Loader
  • Jika Os yang Anda instalkan di komputer Anda tidak resmi, maka Anda harus menggunakan program Loader yang dapat Anda temukan di lokasi yang sama dengan Vendor.xml. Untuk mencarinya, klik Program Files > Common Files > Research In MOtion > Apploader

– Kami sarankan Anda untuk menggunakan program Loader, terlepas dari asli atau tidaknya provider Anda – karena pada dasarnya ini adalah Application Loader tanpa BlackBerry Desktop Manager yang berjalan di latar belakang. Dan untuk panduan ini, kami menggunakan program Loader

Langkah Keempat

– Jalankan program Loader

– Pastikan semua setting telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk juga pengaturan mengenai jenis aplikasi apa saja yang akan disertakan atau bahasa apa saja yang Anda ingin sertakan dalam proses upgrade ini.

– Berikutnya Anda akan dihadapkan pada layar yang akan menawarkan backup data aplikasi perangkat (secara otomatis) yang nantinya dapat dipulihkan setelah proses selesai. Kami menyarankan Anda untuk melakukan ini bahkan meskipun Anda telah melakukan backup di awal tadi

Langkah Kelima

– Pada layar berikutnya, Anda akan dihadapkan pada layar ‘summary’ (ringkasan). Setelah itu klik ‘Finish’

– Selamat. Kini OS BlackBerry Anda telah diupgrade lengkap dengan settingan lainnya yang telah Anda atur sebelumnya.

Langkah Keenam

– Berikutnya, BlackBerry Anda akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukan loading sampai dengan proses selesai

– Pastikan bahwa proses upgrade yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Untuk mengetahuinya, klik Options > About.

Cara Upgrade OS BlackBerry – Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai langkah / tata cara upgrade OS BlackBerry. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Ahli Kompie 297 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

14 Comments

  1. gan mw nanya soalnya ane newbie d bidang upgrade o.s..
    klw download DM(dekstop manager) ke pc kita..apakah akan ada kerusakan atau ngga,soalnya kmaren waktu mw di download DM nya..kluar bacaan “JIKA ADA KERUSAKAN KAMI TIDAK BERTANGUNG JAWAB”..
    nah begitu gan..tolong d jawab y gan..
    thanks…

    • @ rama

      Normalnya, kalau tidak ada setting/software yang aneh/di luar kebiasaan, maka tidak akan rusak insyaaAllah. Tapi memang kemungkinan selalu ada, jadi tepat sekali yang dijelaskan di dalam Desktop Manager (DM) tersebut.

  2. Gan mau nanya nih, gue punya Blackberry 8100, looding nya lama terus kalo kita mau buka aplikasi pasti looding nya butuh waktu lima menit, mohon solusi san saran gan, terima kasih sebelumnya….

  3. gan knp BB strom 1 sya. di logo bawah batrei 9500 tp os yg di pke 9530..
    trus pengaruh ga ama tombol nya..
    soal nya tombol nya kdang susah kdang bisa tp pijit S jd V. kdang diam seperti yg di tekan….
    gmn nie gan….
    sebelum dan sesudah nya hatur thanks you…
    masalah os newbie apalgi BB

    • @ barend

      Saya khawatir ada ketidakcocokan OS. Coba diganti dengan OS yang memang dikhususkan untuk BlackBerry Storm

  4. Gan tanya ne…
    Barusan saya download Blackberry desktop Manager, tapi begitu selesai di instal tulisan2 di Blackberry desktop itu jadi aneh, kotak2 semua jadinya.
    Mohon Pencerahannya gan :(

    • @ Bee mbenk

      Untuk yang ini saya belum tahu penyebabnya. Tapi kemungkinan karena mendownload BB Desktop dengan bahasa yang salah, jadi aksaranya bukan huruf latin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*