Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer | Cara Hapus Ubuntu Dari Laptop

Cara Uninstall Ubuntu Single Boot Cara Hapus Ubuntu Dari Laptop Cara Menghapus Ubuntu Di Laptop Cara Menghapus Linux Ubuntu Cara Menghapus Ubuntu

Linux Ubuntu Ubuntu adalah sebuah operating system yang bersifat open source. Ubuntu dibuat oleh organisasi bernama Canonical dan berasal dari bahasa Afrika yang berarti kebersamaan. Sistem operasi Linux Ubuntu sebagaimana sistem operasi turunan Linux lainnya, memiliki sifat Open Source yang berarti kodenya dapat dilihat oleh siapa saja dan kapan saja tanpa ditutup-tutupi, tidak seperti software lainnya yang pada umumnya memiliki sifat closed source, di mana hanya pembuat software yang mengetahui bagaimana isi kode dari software tersebut.

Ubuntu sangatlah mudah dipakai, tampilannya pun mirip dengan Windows yang sudah umum dipakai oleh berbagai lapisan tingkat pengguna IT. Karenanya, tidaklah mengherankan kalau banyak para pakar yang menyarankan untuk para pemula yang ingin beralih ke Linux agar mencoba untuk menginstall Ubuntu sebagai linux pertama mereka dengan sistem dual booting (user dapat memilih ingin memakai Windows atau Ubuntu pada saat booting).

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer – Pengalaman User

Dari pengalaman banyak orang, untuk mereka yang memang benar-benar tertarik untuk beralih ke Ubuntu, pada akhirnya mereka akan lebih banyak menggunakan Ubuntu ketimbang Windows untuk keperluan harian mereka. Tapi untuk sebagian orang yang merasa Ubuntu kurang menarik, pada akhirnya mereka kembali memakai Windows untuk keperluan sehari-hari dan meninggalkan Ubuntu yang mereka pasang.

Untuk yang kelompok pertama, yang ingin beralih ke Linux, hal ini tidak menjadi masalah. Tapi, untuk yang kelompok terakhir (yang kembali memakai Windows) ada sedikit masalah jika ingin beralih kembali, yaitu pada saat booting awal mereka tetap akan mendapat halaman opsi untuk memilih sistem operasi yang diinginkan antara Ubuntu atau Windows, karena Ubuntu harus di-uninstall dahulu supaya layar opsi booting kembali bersih. Lumayan agak menyebalkan melihatnya.

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer - How ToNah, bagaimana caranya supaya kita dapat meng-uninstall Ubuntu dari komputer kita jika kita sudah tidak menginnginkan untuk memakai Ubuntu lagi? Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meng-uninstall Ubuntu :

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer – Prosedur

[1] Backup Dulu Data Anda

Yang pertama dan paling utama yang harus Anda lakukan untuk melakukan uninstall Linux adalah menyelamatkan terlebih dahulu file-file yang Anda miliki yang sebelumnya Anda taruh di Linux Anda. Jika Anda sudah menggunakan Linux selama beberapa waktu, kemungkinan besar ada sebagian file yang penting yang Anda taruh di home folder Anda di dalam Linux Ubuntu (atau di tempat lainnya), nah pastikan Anda sudah mengcopy file tersebut ke media eksternal terlebih dahulu supaya data yang Anda miliki tetap aman. Kami menyarankan untuk mengcopynya ke dalam hard disk atau Flash Disk terpisah.

[2] Hapus File System Linux Dari Hard Disk Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk meng-uninstall Ubuntu adalah dengan menghapus file system Linux yang Anda miliki. Caranya Anda bisa melakukannya dengan menggunakan program partisi dari dalam Windows, entah itu program berbayar atau program yang memang bawaan dari Windows.

Untuk uninstall Ubuntu ini, kita akan memakai fitur Computer Management  dari Windows saja. Cara memakainya adalah,

* Log in ke dalam Windows sebagai seorang administrator

* Lakukan klik kanan pada icon My Computer, setelah itu klik pada opsi “Manage”.

* Pilih opsi “Disk Management” di bawah opsi “Storage”, selanjutnya Anda dapat melihat semua partisi yang terdapat di komputer Anda pada halaman tersebut.

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer - diskmanagement

Langkah uninstall Ubuntu selanjutnya adalah menentukan partisi mana yang merupakan partisi tempat Anda menyimpan data Linux. Biasanya yang merupakan partisi Linux adalah partisi yang tidak dapat dibaca oleh Windows, jadi jika hanya ada satu partisi yang tidak dapat dibaca oleh Windows, kemungkinan besar partisi yang dimaksud adalah partisi tersebut via tools disk management.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah hapus partisi tersebut dengan melakukan klik kanan, dan pilih opsi delete dari pada partisi tersebut. Jika Anda telah melakukannya, maka partisi Linux yang ada di komputer Anda sekarang telah hilang dan Anda dapat memakai space yang kosong dari sisa penghapusan tersebut untuk data yang lainnya.

Selain itu, Anda juga sekarang tidak dapat melakukan loading / booting ke dalam Linux lagi karena datanya sudah hilang. Sampai di sini sebenarnya proses uninstall Ubuntu sudah selesai.

[3] Restore Master Boot Record

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah master boot record yang baru. Caranya adalah dengan merestore master boot record (MBR) bawaan Windows melalui CD/DVD instalasi OS Microsoft Windows yang Anda pakai.

Sekarang, masukkan CD/DVD tersebut, lalu restart Windows Anda. Selanjutnya,

* Lakukan booting dari CD/DVD Windows, dan pilih menu “Repair”

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer - repair

* Pilih opsi command prompt /DOS pada layar yang muncul, dan masukkan command berikut:

– bootrec /fixmbr
– bootrec /fixboot

Setelah itu, silakan restart komputer Anda untuk meneruskan proses uninstall.

[4] Manfaatkan Kembali Empty Hard Disk Space

Setelah Anda melakukan hal tersebut di atas, Linux Ubuntu Anda sudah secara “resmi” ter-uninstall dari komputer Anda. Selanjutnya Anda dapat menggunakan Windows seperti biasa.

Akan tetapi masih ada satu masalah lagi, yakni masih ada sebagian kapasitas Hard Disk Anda yang menjadi tidak bisa dipakai karena sebelumnya telah dipakai oleh Linux Ubuntu dan belum Anda kembalikan lagi kepada keadaan yang semula. Sayang sekali kalau tidak dipakai.

Untuk mengembalikannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

* Masuk ke menu Computer Management seperti dijelaskan di langkah sebelumnya

* Lalu sekarang pilih opsi Disk Management

* Akan muncul tampilan unpartitioned area, bekas hasil uninstall Linux Ubuntu

* Lalu klik kanan pada daerah yang masih bertuliskan unpartitioned, lalu pilih opsi “New Partition” atau opsi “New Logical Disc”

*Tentukan ukuran partisi yang Anda inginkan, lalu proceed/confirm

* Restart komputer Anda supaya proses berjalan sempurna

Cara Uninstall Ubuntu Dari Komputer – Penutup

Demikianlah cara singkat yang bisa Anda lakukan untuk meng-uninstall Ubuntu dari komputer Anda secara baik dan benar. Selanjutnya, terserah Anda apakah mau memakai Ubuntu lagi atau tetap kembali ke Windows saja. Selamat mencoba.

Cara Hapus Ubuntu Cara Uninstall Linux Cara Hapus Linux Cara Hapus Os Linux Cara Hapus Ubuntu Di Pc