Cara Memakai Android Emulator | Cara Menggunakan Emulator

Apa Itu Emulator Android Cara Menggunakan Emulator Cara Menggunakan Emulator Android Cara Menggunakan Emulator Di Android Cara Menggunakan Android Emulator

Android adalah salah satu operating system (sistem operasi) untuk berbagai perangkat mobile yang mulai populer sejak tahun 2008-2009 yang hingga kini semakin populer dikarenakan sifatnya yang free dan dapat dikustomisasi dengan mudah oleh para penggunanya.

Sistem operasi Android ini dikeluarkan oleh Google Corporation, yang sekaligus merupakan pemain besar dalam bidang IT. Google pada awalnya merencanakan Android sebagai cara untuk menyaingi sistem operasi Symbian dan Microsoft Windows Mobile. Sekarang sepertinya target mereka itu dapat terlampaui dengan baik.

Salah satu masalah jika kita ingin membeli sebuah barang biasanya adalah tidak dapatnya kita mencoba barang yang ingin kita beli tersebut. Hal itu seringkali membawa efek negatif seperti tidak sesuainya kondisi barang yang kita beli dengan harapan yang kita pendam, atau kualitas barang ternyata tidak sebaik yang dikatakan orang-orang, atau berbagai hal lainnya yang pada intinya membuat kita tidak puas memakai barang tersebut karena tidak mencoba dulu sebelumnya.

Sama dengan handphone ataupun gadget lainnya, bisa jadi karena tidak mencoba dahulu sebelum membeli sebuah gadget, barang yang menurut orang lain sangat menarik dan bermanfaat ternyata tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita dan akhirnya kita menjadi kecewa dan merasa kesal telah membeli barang tersebut.

Lalu apa hubungannya Android dengan mencoba barang terlebih dahulu? Ya, hubungannya adalah, cara yang digunakan sama seperti pada saat Anda ingin membeli sebuah barang, kami menyarankan Anda untuk mencoba barang tersebut terlebih dahulu. Begitu juga dengan gadget ataupun mobile phone berbasis Android, kami sangat menyarankan Anda untuk juga mencoba terlebih dahulu memakai sistem operasi Android sebelum memakainya. Karena walau bagaimanapun, walau sudah banyak sekali orang yang memakai Android tetapi tetap saja belum tentu sesuai dengan keperluan dan keinginan Anda.

Cara Memakai Android Emulator – Cara Mencoba

Cara Memakai Android Emulator - LogoLalu, bagaimana cara supaya kita dapat mencoba sistem berbasis Android sesuai yang kita inginkan sebelum kita membelinya? Caranya mudah, hanya perlu sedikit keberanian. Cara yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan bertanya kepada toko yang menjual gadget berbasis Android yang Anda inginkan. Jika Anda beruntung, bisa jadi toko tempat Anda ingin membeli gadget berbasis Android tersebut akan memberi pinjaman kepada Anda selama beberapa saat untuk dapat menggunakan Android yang Anda inginkan. Manfaatkan waktu tersebut untuk mencoba berbagai fitur yang Anda kira perlu untuk dicoba.

Lalu bagaimana kalau pihak toko tidak memperbolehkan? Jangan khawatir, ada cara lainnya. Anda masih bisa mencoba memakai software Android emulator yang disediakan oleh pihak developer untuk mencoba Android sebelum Anda membeli gadget berbasis Android.

Cara Memakai Android Emulator – Apa Itu?

Apa itu Software Android Emulator? Seperti namanya, emulator bermakna bahwa software tersebut dapat dipergunakan untuk mensimulasikan operating system Android yang sebenarnya. Dengan cara memakai emulator ini, Anda bisa seolah-olah sedang berhadapan dengan OS Android aslinya di depan Anda.

Jadi, bagi Anda yang tergolong orang yang ingin tahu bagaimana sebenarnya software Android itu, dan ingin mencoba sistem operasi Android sebelum Anda membeli gadgetnya, kami sangat menyarankan untuk memakai software ini.

Apabila Anda ingin mendapatkan sebuah handphone Android yang tergolong teknologi baru dan ingin mencobanya terlebih dulu sebelum membelinya, maka terdapat sebuah cara di mana Anda dapat mencoba Android tanpa membutuhkan handphone berbasis Android.

Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan sebuah tool yang bernama Android Emulator. Android Emulator merupakan sebuah tool di mana Anda dapat merasakan dan menggunakan sistem operasi Android secara seutuhnya pada komputer. Artinya, Anda dapat mencoba seluruh aplikasi yang ada di dalamnya.

Cara Memakai Android Emulator – Langkah

Berikut tepatnya langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

[1] download Android Emulator di developer.android.com/sdk/index.html

[2] lakukan proses instalasi, lalu jalankan aplikasi SDK Manager

[3] pilih aplikasi Android mana yang ingin Anda emulasikan. Pada gambar dicontohkan versi 4

Cara Memakai Android Emulator - SDK

[4] setelah itu semua file terdownload, silakan buka AVDM (Android Virtual Device Manager), lalu buat sebuah device baru, lalu jalankan device tersebut

Cara Memakai Android Emulator - Device Manager

Setelah Anda menjalankan device yang baru Anda buat tersebut (menekan tombol start), barulah Anda dapat melihat dan merasakan tampilan dari Android secara langsung. Seperti ini contohnya :

Cara Memakai Android Emulator - Shot1

Cara Memakai Android Emulator - Shot2

Cara Memakai Android Emulator – Penutup

Setelah Anda mencoba Android secara langsung, berikutnya Anda bisa memutuskan apakah masih ingin membeli gadget berbasis Android ataukah ingin menunda terlebih dahulu.

Semua terserah Anda :)

Cara Pakai Emulator Android Cara Menjalankan Emulator Cara Menggunakan Emulator Untuk Android Cara Menjalankan Emulator Di Android Cara Mengunakan Emulator