Cara Menampilkan Pengunjung Online / Online Visitor

Bagi seorang blogger, mengetahui jumlah pengunjung online ke web atau blog yang kita miliki adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagaimana tidak, ketika banyak pengunjung itu berarti web atau blog kita itu banyak penggemarnya. Apalagi jika ada banyak pengunjung setia. Terkadang terpikir untuk menambahkan sebuah widget yang menginformasikan berapa orang pengunjung yang tengah online saat mengunjungi situs kita. Tidak hanya melalui widget, kita juga dapat menambahkan info pengunjung yang tengah online dengan menggunakan beberapa tools yang ada di pasaran saat ini dan biasanya sifatnya gratis.

Dengan adanya  bagian yang menampilkan jumlah pengunjung online membuat kita semakin bersemangat memperbarui isi web atau blog kita. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa tool yang dapat kita manfaatkan untuk menampilkan jumlah pengunjung yang online. Dan serunya lagi, semua tool yang kami bahas dalam artikel ini adalah gratis. Mari kita simak satu per satu.

Cara Menampilkan Pengunjung Online (Online Visitor) – Pilihan Layanan

Untuk memudahkan Anda memilih layanan penyedia counter pengunjung online / online visitor, berikut beberapa situs yang menurut kami cukup terpercaya dan juga cukup terkenal yang bisa Anda pergunakan untuk menampilkan data tersebut :

Cara Menampilkan Pengunjung Online / Online Visitor - Whos Amung Us
Yang pertama adalah whos.amung.us. Website yang satu ini merupakan salah satu widget yang dapat menampilkan jumlah pengunjung yang sedang online yang paling banyak dipergunakan oleh para blogger di Indonesia terutama. Kelebihan dari widget whos.amung.us ini adalah pembaruan mengenai informasi pengunjung yang sedang online dilakukan secara real time. Widget whos.amung.us ini juga mampu menyediakan data mengenai artikel apa yang sedang dilihat oleh pengunjung blog anda. Anda juga akan memperoleh mengenai negara asal dari pengunjung blog ataupun web kita.

Anda juga dibiarkan memilih dan mengatur sendiri bagaimana tampilan widget whos.amung.us di situs anda. Jika anda menginginkan tampilan widget yang berbeda, berkunjunglah ke bagian Showcase dari whos.amung.us ini. Alamat URL-nya adalah whos.amung.us/showcase/ untuk memudahkan anda sampai di tempat yang menyenangkan untuk memilih tampilan widget whos.amung.us yang nantinya akan memberikan kepada anda informasi mengenai berapa jumlah pengunjung situs anda yang sedang online. Anda kemudian hanya perlu menyalin kode javascript dari tampilan widget yang anda pilih kemudian tempelkan di situs anda maka kini situs anda telah semakin dipercantik dengan hadirnya widget penghitung pengunjung yang sedang online.

Cara Menampilkan Pengunjung Online / Online Visitor - Radar URL
Hampir mirip dengan widget whos.amung.us, radarurl.com ini juga memiliki fungsi yang sama yakni untuk menampilkan jumlah pengunjung yang sedang online yang mengunjungi situs kita. Widget radaurl.com ini merupakan widget baru yang ada di dunia maya sehingga penggunanya masih sangatlah sedikit.

Untuk menggunakan widget radarurl.com sangatlah mudah. Ketika anda masuk ke situs radarurl.com, ada sebuah panah yang bertuliskan “Getting Started” anda lalu diminta memilih posisi widget di situs anda. Pilihan dibuat dalam bentuk radio button. Klik pada bagian yang anda ingin widget ditempatkan maka di bagian bawah pemilihan posisi widget akan langsung muncul kode javascript yang harus anda copy dan paste di situs anda. Setelah langkah itu anda lalui, maka situs anda sudah memuat widget radarurl.com berupa kotak hijau dengan ikon seperti wireless dan di samping kanan ikon terdapat jumlah pengunjung web anda yang tengah online.

Cara Menampilkan Pengunjung Online / Online Visitor - Whos Read
Berbeda dengan 2 widget yang sebelumnya telah dibahas, whosread.com ini tidak menyajikan data secara real time dan otomatis. Untuk memperoleh data baru mengenai pengunjung yang sedang online, anda diharuskan untuk me-refresh situs anda. Anda juga tidak disediakan pilihan tampilan widget. Tapi enaknya, anda tidak perlu menyalin kode-kode javascript ke dalam situs anda untuk menampilkan widget ini melainkan dengan langsung menyalin kode HTML yang disediakan di bagian get widget. Hal ini memudahkan bagi web yang tidak mendukung javascript. Silahkan kunjungi whosread.com/en/get-widget/ ini untuk memperoleh widget whosread.com.

Cara Menampilkan Pengunjung Online (Online Visitor) – Penutup

Demikian sekilas mengenai 3 situs yang menyediakan widget untuk menampilkan jumlah pengunjung situs anda yang tengah online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About Ahli Kompie 297 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

6 Comments

  1. ow ya ada satu pertanyaan tentang laptop saya,,:

    dulu laptop saya sempet konslet /berasap ,tepat dibagian tempat plugin adaptor,,trus diperbaiki .alhmd bagus lagi,cuman tak berapa lama selang 1 bulan ,,kalo ngga nyambung ke listrik/dicass si layarnya padam,,tapi kalo di cassin layarnya hidup…kenapa yah gan??

    mohon pencerahannya agan haryo yah..:)

    trims

    • @ agus topa

      Kemungkinan dari sisi baterainya jadi ada yang bermasalah karena konslet tersebut, dan saluran power ke layar jadi bermasalah. Mungkin bisa dicek di bagian baterainya, siapa tahu ada yang rusak di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*