Litespeed Tuning : Max PHP suEXEC Connection

Salah satu kelebihan LiteSpeed Web Server (LSWS) adalah performanya dalam melakukan transaksi small files yang sangat efisien jika dibandingkan dengan apache, bahkan dengan nginx sekalipun. Menurut benchmark “sepihak” yang dikeluarkan dari litespeedtech, transaksi keep-alive (yang harus “always on”) dengan LSWS performanya bisa hingga 4-5x lebih baik dari apache.

Screenshot_21

Untuk penggunaan LSWS dengan kondisi suEXEC dimatikan, LSWS bisa bekerja dengan performa yang langsung optimized.

Yang jadi masalah, setting default adalah suEXEC on, karena LSWS dioptimasi by default untuk melayani shared hosting. Dan kadangkala, kita juga harus mensetting suEXEC on jika di server yang kita kelola ada banyak website berbeda, dengan alasan keamanan.

Berdasar pengalaman saya dalam mengelola beberapa situs besar, ternyata performa untuk melayani hingga 40.000+ request/detik itu tidak bisa datang dengan install LSWS dengan setting default, karena setting Max PHP suEXEC bawaan litespeed yang hanya bisa melayani 20 maximum connections/user secara simultan. Artinya, kalau ada 100 online visitor di website Anda, dan masing-masingnya membuka 3-4 koneksi sekaligus (untuk download JS, CSS, images), maka server Anda bisa jadi akan hang/server load tinggi sekali walaupun penggunaan CPU rendah.

Sama juga halnya dengan kasus untuk website bertipe download center / streaming center, untuk website dengan tipe demikian satu visitor bisa jadi membuka banyak sesi koneksi sekaligus, dan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, dalam kasus seperti itu, angka 20 maximum connections per user ini perlu kita naikkan. Bagaimana caranya?

Pertama, cek dulu, apakah setting LSWS Anda perlu untuk diubah. Kalau tidak perlu diubah, ya, tidak perlu repot-repot mengganti limit defaultnya. Tahu dari mana perlu atau tidak perlu dirubah? Cek angka max CONN dan In use connection dari Live Stats LSWS. Kalau angka In Use sudah sering mendekati max CONN, tandanya limit harus segera dinaikkan.

In Use

Caranya, masuk ke menu admin LSWS, http://ALAMAT.IP.SERVER.ANDA:7080/

Setelah itu, pilih menu Configuration >> Server >> General

Config > Server > General

Setelah itu, cari setting yang bertuliskan “PHP suEXEC Max Conn”, by default nilainya rendah, 20

maxphpsuexec2

Tingkatkan nilainya ke angka yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan website Anda, atau sengaja ditinggikan juga boleh. Untuk contoh, kami taruh angka 100. Setelah itu tekan “Save”

maxphpsuexec3

Setelah itu, akan muncul peringatan supaya LSWS di-restart untuk mengaktifkan setting baru. Ikuti saja, tekan “Apply Changes”

Screenshot_23

suexecdaemon3

Setelah LSWS direstart, semua setting akan teraplikasikan di website Anda.