Cara Membuat ASCII Art

Simbol dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti lambang, sesuatu seperti tanda yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu. Sebagai contoh, negara Indonesia memiliki simbol atau lambang negara yaitu Garuda Pancasila. Berbentuk burung Garuda, dengan kepala yang menoleh ke sebelah kanan, dilengkapi semacam tameng yang merupakan representasi Pancasila, dan memegang pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Jelas, lambang negara kita itu memiliki banyak makna dan filosofi di dalamnya.

Di dunia ini terdapat begitu banyak simbol. Bahkan, saking banyaknya, disebut-sebut simbol telah ada sebelum kemunculan abjad yang kita gunakan hingga saat ini. Hal ini terbilang cukup logis mengingat penggunaan simbol yang jauh lebih sederhana karena langsung merepresentasikan gambar yang sebenarnya.

Cara Membuat ASCII Art – Simbol Komputer

Di dalam dunia komputer pun simbol tetap memegang peranannya, dengan fungsi yang tidak jauh berbeda. Pada komputer, simbol termasuk ke dalam kumpulan karakter. Namun, pada umumnya simbol tidak muncul secara langsung pada keyboard, melainkan Anda harus menggunakan utilitas tertentu untuk dapat menemukannya.

CharBagi Anda yang ingin melihat berbagai simbol dan karakter yang terdapat pada komputer Anda, Anda dapat melihatnya melalui utilitas yang bernama Character Map (Windows), Gucharmap (Linux-Gnome), KCharSelect (Linux-KDE), atau Character Palette (Mac). Di sana Anda akan menemukan beragam karakter yang mungkin beberapa diantaranya belum pernah Anda jumpai sebelumnya.

Pada dasarnya, simbol-simbol yang terdapat pada karakter dibedakan menurut font-nya. Jadi, setiap jenis font belum tentu memiliki simbol yang sama satu dengan lainnya. Atau dengan kata lain, simbol yang terdapat pada salah satu font dapat bersifat unik alias tidak memiliki kesamaan dengan simbol lainnya.

Cara Membuat ASCII Art – Contoh ASCII Art

Meski komputer Anda pada dasarnya telah dibekali dengan berbagai macam simbol, namun Anda juga dapat membuat simbol sendiri yang memiliki tampilan lebih unik dan menarik. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan menggabungkan kumpulan karakter-karakter yang telah ada, diantaranya adalah karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Umumnya hal ini disebut dengan istilah ASCII art.

Cara Membuat ASCII Art - Sample

Konsep dasar dari pembuatan ASCII art adalah membuat simbol atau gambar custom menggunakan tombol-tombol umum pada keyboard. Tujuaannya adalah untuk mempermudah proses pembuatan, dan juga untuk meningkatkan kompatibilitas karakter pada semua komputer yang digunakan untuk membacanya. Karena faktanya, tidak semua komputer dilengkapi dengan ketersediaan karakter yang sama. Mirip dengan pembuatan UTF8-art, akan tetapi itu di lain pembahasan.

Cara Membuat ASCII Art – Langkah Demi Langkah

Lalu, bagaimana cara untuk membuatnya? Cara membuatnya tidaklah sulit, Anda cukup menggunakan aplikasi teks editor yang Anda sukai, ditambah dengan sedikit teknik dasar. Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat simbol menggunakan tombol-tombol pada keyboard. Selamat menyimak.

Teknik 1: Gunakan font yang umum, contohnya adalah keluarga font Courier, Monaco dan juga Fixedsys. Alasannya adalah karena hampir setiap ASCII art memiliki jenis font ini, sehingga kompatibilitasnya tetap terjaga.

Selain itu, font-font tersebut merupakan font monospace, font yang setiap karakternya dapat menempati ruang yang sama atau bersifat teratur. Dengan begitu, pengaturan tata letak setiap karakter dan proses menggambar pun dapat lebih mudah dilakukan.

Teknik 2: Pada aplikasi teks editor, aktifkan mode Overtype. Mode Overtype adalah suatu cara penulisan di mana penulisan sebuah karakter akan menggantikan karakter lain yang terletak di sebelah kanannya (menimpa / overwrite), berbeda dengan mode Insert yang akan menambahkan setiap karakter baru setiap kali tombol keyboard ditekan (tanpa menimpa). Mode Overtype akan membuat proses integrasi antar karakter ASCII art lebih mudah dilakukan.

Teknik 3: Hindari penggunaan tombol Tab. Gunakan tombol Space untuk memberikan jeda atau jarak antar karakter ASCII art.

Teknik 4: Sebelum mulai menggambar pada aplikasi teks editor, sebaiknya Anda membuat sketsa kasar terlebih dulu di kertas. Kemudian, Anda dapat mulai menerjemahkan gambar sketsa tersebut secara perlahan pada aplikasi teks editor.

Terdapat beberapa karakter umum yang sering digunakan, semisal karakter O dan juga @ untuk mata. Karakter seperti / \ | – _ ( ) juga merupakan karakter yang umum digunakan. Pilih salah satu diantaranya yang dapat memenuhi kebutuhan gambar ASCII art Anda.

Teknik 5: Mulailah dengan membuat ASCII art yang sederhana terlebih dulu, misalnya daun. Jangan langsung membuat yang susah.

Membuat ASCII Art Dengan Generator Online

Bagi Anda yang ingin untuk membuat ASCII Art dengan mudah, dapat juga menggunakan berbagai layanan online yang dapat membantu Anda untuk melakukan hal tersebut. Beberapa di antaranya adalah :

Bagi Anda yang lebih suka untuk memakai software sebagai solusi, dapat juga memakai software yang satu ini :

Cara Membuat ASCII Art – Penutup

Demikian beberapa cara membuat ASCII art yang bisa kami bagikan tipsnya. Semoga bermanfaat dan juga semoga bisa membantu Anda menjadi ASCII artist yang lebih baik lagi.

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*