Keyboard Enak

Ingin kenyamanan keyboard ThinkPad di desktop Anda? Jangan khawatir, sekarang sudah ada versi desktopnya, yakni ThinkPad TrackPoint Keyboard II. Terkoneksi via Bluetooth USB ke PC Anda.

Compact keyboard layout; Familiar ThinkPad keys (scissor switch and 1.8 mm travel distance); Integrated ThinkPad TrackPoint;

https://www.lenovo.com/us/en/accessories-and-monitors/keyboards-and-mice/keyboards/KBD-BO-TrackPoint-KBD-US-English/p/4Y40X49493

Banyak orang mengatakan bahwa keyboard ThinkPad adalah keyboard yang sangat enak untuk dipakai mengetik, salah satu rahasianya adalah dia menggunakan scissor switch yang nyaman dipakai dengan travel distance 1.8 mm saja, sehingga mengetik tidak perlu terlalu dalam dengan keyboard ThinkPad ini.

Keyboard Scissor Switch Lainnya

Kalau kemahalan, bisa juga coba keyboard dengan scissor switch lainnya. Untuk saat ini tidak banyak yang memakai switch jenis tersebut di marketplace, sedikit di antaranya adalah Cougar Vantar. Sama dengan ThinkPad keyboard yang memakai scissor switch, Cougar Vantar juga memakai scissor switch. Bedanya kalau keyboard ThinkPad di atas memiliki travel distance 1.8 mm maka Cougar Vantar travel distancenya 2.0 mm (wedotech), walau ada juga yang versi MX mechanical yang travel distancenya 3.5 mm (funkykit)

Untuk versi lama tapi sudah discontinued ada Cougar 200K. Ada juga Rapoo E9270P (super slim), i-Rocks KR-6170, i-Rocks KR-6300, i-Rock KR-6310.

Keyboard Mechanical Standard (High Profile)

Keyboard Membrane Low Profile

Untuk bisa merasakan kenyamanan dalam mengetik keyboard tidak boleh terlalu tinggi. Kalau terlalu tinggi nanti jadi susah mengetiknya. Yang cukup enak untuk perbandingan adalah Logitech K120, keyboard berbasis membrane yang murah meriah dan menjadi standard di banyak tempat. Tingginya hanya 23.5mm (Logitech, PDF Version).

Ada juga yang lebih tipis lagi dan punya banyak media keys, untuk mempermudah navigasi media, tingginya hanya 18mm yaitu Logitech K200. Ini lebih disarankan daripada K120.

Kalau mau lebih enak lagi bisa pakai Logitech MK520. Ini tinggi keyboardnya hanya 22mm plus sudah pakai wrist rest, jadi serasa datar saja dalam mengetik. Detail spec ada di PDF berikut.

Atau bisa coba Logitech MK245, ini juga tipis hanya 21.4mm, atau 0.6mm lebih tipis dari MK520, juga sudah ada wrist rest sehingga akan terasa sangat datar.

Ada yang wireless dengan tebal sedikit di atas Logitech K200, yaitu Logitech K235, yang biasa dipasangkan dengan mouse M170, menjadi paket MK235. Tingginya 20mm, alias sangat tipis. Akan tetapi tidak enak karena tidak ada lampu indikatornya, yang menurut kami penting. Jadi not recommended.

Ada juga berbagai keyboard mechanical di pasaran. Yang paling murah Rexus MX3.2 di mana dia memiliki pilihan brown switch dan blue switch. Ini adalah mechahical keyboard pertama kami dan dia memiliki tinggi 35 mm. Masih di atas 30mm, yang membuatnya menurut kami tidak termasuk low profile. Untuk definisi low profile menurut kami adalah yang masih di bawah 30mm total tingginya.

Akan tetapi pas dicoba keyboard mechanical rasanya terlalu tinggi jadi kurang enak untuk mengetik, sepertinya kami masih lebih cocok untuk memakai keyboard scissor saja. Atau sebaiknya memakai tambahan wrist pad/arm rest, yang rekomendasinya kami taruh di akhir artikel ini.

Keyboard Mechanical Slim (Low Profile)

Kalau ingin yang berbasis mekanis ada banyak pilihan. Akan tetapi yang disarankan tetap yang pendek supaya tangan tidak terlalu lelah.

Kelas 22mm

Logitech G813, https://www.logitechg.com/en-in/products/gaming-keyboards/g813-low-profile-rgb-mechanical-gaming-keyboard.html

Logitech G915, https://www.logitechg.com/en-us/products/gaming-keyboards/g915-low-profile-wireless-mechanical-gaming-keyboard.html

Kelas 25mm

Cooler Master SK650, SK651

https://www.coolermaster.com/catalog/peripheral/keyboards/sk650/

https://www.coolermaster.com/catalog/peripheral/keyboards/sk651/

Hexgears GK70 Venture

https://www.hexgears.org/products/venture-mechanical-keyboard

Bonkyo K938

https://www.tokopedia.com/kaylaputri-1/bonkyo-k938-mechanical-gaming-keyboard-dan-mouse-set-rgb-light

Kelas 26mm

Rexus Legionaire MX 8, https://rexus.id/language/en/produk/rexus-gaming-keyboard-mx8/

Sades K10, https://www.sades.co.id/gaming/keyboard/k10/

Kelas 28mm

Armageddon SMK-2C, SMK-6C, SMK-9R, SMK-12R, 28mm (slim enough dengan harga masuk akal)

https://armaggeddon.com.my/armaggeddon-smk-12r-rgb-kestrel-outemu-switch-mechanical-keyboard-104-key-low-profile-16-8-million-c

Kelas 29mm

Corsair K70 RGB mk2 Low Profile

https://www.corsair.com/us/en/Categories/Products/Gaming-Keyboards/RGB-Mechanical-Gaming-Keyboards/K70-RGB-MK-2-Low-Profile/p/CH-9109017-NA

Kelas 30mm

Tecware Phantom L

https://www.tecware.co/phantom-l

Kelas 33mm

Logitech G613

https://www.logitechg.com/en-us/products/gaming-keyboards/g613-wireless-mechanical-gaming-keyboard.920-008386.html

Redragon K589, Redragon K591

https://www.redragonzone.com/products/redragon-k589-shrapnel-rgb-backlit-low-profile-wired-mechanical-gaming-keyboard

https://www.redragonzone.com/products/redragon-k591-parvat

Wrist Rest / Arm Rest

Kalau keyboard yang sudah terlanjur ada masih dirasa terlalu tinggi sehingga tidak nyaman untuk diketik, pakai wrist rest alias arm rest agar mengetik menjadi lebih enak. Tingginya 1.8 cm, lumayan mengurangi tinggi keyboard yang ada sehingga tangan jadi lebih sejajar.

Bisa beli di https://www.tokopedia.com/akardewajati/wrist-rest-palm-rest-wood-kayu-mechanical-keyboard-kayu-jati-poles-alami

About Ahli Kompie 322 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*