Komponen Sound System Komputer

Pada awal mula munculnya komputer, suara yang dikeluarkan hanya terbatas pada suara bips saja. Jika anda ingin mendengarkan berbagai file audio atau pun baik itu merupakan musik, video, atau pun file audio dan video yang lainnya maka itu pun tidak bisa dilakukan menggunakan komputer. Hal tersebut tentunya membuat kita bosan bukan.

Namun pada zaman sekarang ini teknologi yang semakin berkembang, dan karena itu teknologi yang ada pada komputer pun menjadi ikut berkembang. Pada saat ini komputer tidak hanya dapat digunakan untuk sekedar mengetik atau mengerjakan tugas saja, tetapi komputer pada saat ini memiliki kegunaan lebih dari hal tersebut. Kita dapat memutar berbagai macam jenis musik yang ada baik itu dengan menggunakan CD ataupun DVD, bahkan kita juga dapat memainkan game yang memiliki musik latar yang sangat bagus. Komputer yang ada pada saat ini pun dapat kita gunakan sebagai perangkat multimedia jika kita menginginkannya.

Berikut merupakan perangkat audio uang dibutuhkan oleh anda untuk mendapatkan kualitas suara yang jernih:

Komponen Sound System Pertama – Sound Card

Sound Card merupakan bagian dari komputer yang berguna untuk memfasilitasi perangkat input dan output sinyal audio dari dan menuju komputer dan anda juga dapat mengontrol hal tersebut dengan menggunakan program yang ada pada komputer. Istilah sound card juga pada saat ini digunakan untuk interface audio eksternal yang menggunakan tambahan software untuk menghasilkan suara.

Komponen Sound System - Sound Cards

Sound Card pada umumnya digunakan untuk menyediakan komponen audio yang  digunakan oleh perangkat multimedia yang ada seperti untuk komposisi musik, proses editing terhadap audio dan video, presentasi, pendidikan dan hiburan (game), dan video. Sebagai informasi tambahan bagi anda bahwa beberapa komputer saat ini sudah memiliki sound card yang sudah tertanam (built in), tapi masih ada juga memerlukannya. Tetapi jika anda inign agar soung card anda berfungsi, jangan lupa untuk meng-install drivernya terlebih dahulu atau jika driver tersebut hilang silahkan mengunjungi situs web produsen dari driver tersebut.

Komponen Sound System Kedua – Powered Speaker (Active Speaker)

Powered speaker atau yang dikenal dengan sebutan active speaker merupakan pengeras suara yang memiliki amlifier yang built in. Jika anda menggunakan powered speaker, maka anda membutuhkan daya tambahan pada komputer, Sebagai informasi bahwa Internal sound card pada umumnya memerlukan daya sebesar 12 volt dari power supply. Jika anda menggunakan speaker dengan performa yang bagus, mungkin anda membutuhkan daya yang lebih dari yang kami sebutkan.

Komponen Sound System - Active Speakers

Komponen Sound System Ketiga- Subwoofer

Subwoofer merupakan pelengkap perangkat pengeras suara yang berguna untuk menciptakan audio bernada frekuensi rendah dari sinyal musik, atau yang dikenal dengan “Bass”. Subwoofer dikembangkan pertama kali pada tahun 1960, hal ini untuk memenuhi permintaan konsumen tentang suara bass yang kurang terdengar oleh sistem stereo di rumah.

Subwoofer Samples

Rentang frekuensi khusus untuk sebuah subwoofer adalah sekitar 20-200 Hz untuk di dengarkan oleh individu, dan dibawah 100 Hz untuk suara profesional. Subwoofer merupakan bagian dari speaker yang memiliki kontribusi dalam menghasilkan suara yang lebih keras.

Komponen Sound System Keempat – Debugger

Jika komputer anda tidak di rancang untuk menjadi sound system yang memiliki teknologi tinggi tetapi anda menggunakan untuk keperluan seperti itu, maka tidak mengherankan bila anda menemukan berbagai masalah yang ada seperti misalnya distorsi, noise dan yang lainnya. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut. Misalnya, Anda dapat memakai Audacity (audacity.sourceforge.net)

Komponen Sound System Keempat – Penutup dan Kesimpulan

Demikian beberapa komponen yang Anda perlukan untuk membuat sebuah sound system yang sederhana di komputer Anda di rumah. Semoga membantu Anda untuk menyusun Sound System Anda sendiri di rumah.

About Ahli Kompie 308 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

8 Comments

    • @ marianus

      Jujur saja saya belum pernah mencoba untuk spec komputer urusan sidang. Jadi mungkin akan lebih baik kalau ditanya ke teman yang lebih berpengalaman. Mohon maaf Pak.

  1. tolong dibantu penjelasan detail tentang soun card dan speaker pada komputer, manfaat, penggunaan, keuntungan, kelemahan, jenis-jenisnya, cara pemakaiannya…..
    terima kasih…..

1 Trackback / Pingback

  1. Komponen Sound System Komputer | ILMU TEKNOLOGI INFORMASI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*