Cara Repair Windows XP | Cara Repair Windows Xp Yang Rusak

Cara Repair Windows Xp Cara Repair Windows Xp Yang Rusak Cara Memperbaiki Windows Xp

Sama halnya dengan aplikasi perangkat lunak lain, yang seringkali mengalami error, crash, atau tidak dapat  berfungsi dengan optimal, sistem operasi seperti Windows XP pun tidak jarang mengalami hal yang sama. Windows XP merupakan salah satu sistem operasi  yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan beragam kehandalan. Namun demikian banyak pengguna sistem operasi ini yang mengeluhkan kinerja OS yang sering terganggu karena beragam kerusakan.

Kerusakan yang paling banyak dialami adalah karena serangan virus. Jika sudah demikian, tidak sedikit pengguna yang merasa kewalahan karena komputer yang biasa mereka gunakan, error atau bahkan mati total dan akhirnya memutuskan untuk menginstal ulang sistem operasi dengan resiko besar, kehilangan file-file penting. Namun, pada kesempatan kali ini Kami akan menjelaskan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menggunakan teknik repair.

Fasilitas Untuk Repair Windows XP

Microsoft menyertakan fitur repair pada semua versi Windows, termasuk Win XP. Repair ini berfungsi untuk melindungi file-file yang Anda miliki, sekaligus mengembalikan file system pada Win Xp yang rusak, corrupt, hilang, atau terhapus. Karena sistem kerja dari Repair Windows XP yang lebih sederhana dibandingkan dengan instal ulang, maka proses ini tidaklah beresiko. Proses repair akan memakan waktu lebih cepat dibandingkan dengan instal ulang, karena setelah mendeteksi file system yang rusak atau hilang, system akan direpair dan dikembalikan pada kondisi default tanpa harus menginstal driver-driver.

Langkah / Tata Cara Repair Windows XP

Untuk Anda yang lebih menyukai panduan versi video, berikut videonya :

Untuk versi text, ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai proses repair, antara lain :

1.  Sediakan CD Instalasi

2.Sebelum melakukan proses repair, pastikan  urutan booting pada  BIOS komputer Anda adalah CDROM dan jangan lupa mencatat Serial Number

3.  Masukkan CD Instalasi, kemudian reboot (restart) komputer

4. Jika muncul tulisan seperti dibawah ini, tekan tombol keyboard secara sembarang.

Cara Repair Windows XP - 1

5. Langkah selanjutnya Windows Setup akan me-load beberapa file yang diperlukan dari CD Installer.

6. Setelah muncul tampilan “Welcome to Setup”, maka tekan ENTER (pada pilihan pertama).

Cara Repair Windows XP - 2

7.  Setelah itu akan muncul tampilan “Windows XP Licensing Agreement”.

8. Untuk melanjutkan proses repair, tekan tombol F8 ( I Agree ).

9. Tunggu beberapa saat hingga Windows Setup mencari apakah komputer Anda telah terinstall Windows XP.

10. Jika Windows Setup mendeteksi adanya instalasi OS, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan. Namun, jika tidak terdeteksi, maka proses Repair Windows XP tidak dapat dilanjutkan.

11. Setelah instalasi ditemukan,  pilih menu select yang diinginkan kemudian tekan tombol R untuk melakukan proses repair Instalasi.

Cara Repair Windows XP - 3

12.  Tunggu beberapa saat hingga  komputer meminta restart.

13. Setelah restart selesai dilakukan, akan muncul menu “Press any key to boot from CD”. Ingat, pada proses ini Anda jangan menekan tombol apapun. Ikuti saja seluruh  proses repair hingga selesai.

Cara Repair Windows XP - 4

14. Jika proses repair telah selesai, dan secara otomatis  komputer restart, maka  repair windows XP sudah berhasil dilakukan, tanpa menghilangkan program/aplikasi,  driver hardware dan data yang Anda miliki sebelumnya.

Kesalahan Dalam Cara Repair Windows XP

Walaupun tidak beresiko, namun Kami tetap menganjurkan Anda untuk mem-backup terlebih dahulu file-file yang berpotensi hilang. Perlu Anda perhatikan juga, proses repair Windows XP tidak selamanya aman dilakukan jika Anda tidak benar-benar teliti saat  menggunakanya. Kesalahan yang banyak dilakukan saat merepair yaitu ketika muncul beragam pilihan instalasi, banyak pengguna yang justru memilih “Repair Using Recovery Console”, sehingga yang muncul di layar  adalah tampilan Command Prompt. Bagi Anda yang sudah ahli dan terbiasa menggunakan  Command Prompt, proses perbaikan dapat saja dilakukan secara langsung pada beberapa titik yang error saja, namun hal tersebut cukup sulit dilakukan secara bersamaan pada keseluruhan file sistem.

Cara Repair Windows XP – Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kesempatan kali ini. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.